Apa itu SEO Spesialist? Bagaimana Cara Menjadi SEO Spesialist

SEO Spesialist – Di kondisi saat ini sangat mungkin jika sebuah bisnis berkembang melalui internet. Salah satu cara mengembangkan bisnis melalui internet  yaitu dengan memanfaatkan sebuah website untuk  menampilkan company profile dari sebuah perusahaan  atau bisa juga dimanfaatkan sebagai branding.Untuk bisa melakukan branding melalui website, sebuah perusahaan harus banyak dilihat oleh orang. Salah satu cara yang dapat kamu lakukan adalah dengan membuat sebuah website tampil pada halaman pertama mesin pencarian melalui jasa SEO.

Pasti banyak perusahaan yang mencari tahu kira-kira siapa yang bisa membuat website tampil pada halaman pertama mesin pencarian. Mungkin sebagian dari kamu masih awam dengan profesi SEO spesalist. Sebenarnya hal tersebut  merupakan peluang yang besar bagi master SEO. Lalu apa makna sebenarnya dari SEO spesialist?

SEO sendiri adalah proses untuk mengoptimalkan website sehingga dengan optimasi ini mesin pencarian akan menilai apakah suatu website layak ditampilkan pada posisi hasil pencarian atau tidak.

Jadi SEO spesialist itu sendiri adalah orang yang yang pekerjaannya berkutat untuk melakukan optimasi sebuah website supaya muncul pada mesin pencarian sehingga memperoleh traffic atau pengunjung website yang banyak.

Cara Menjadi SEO Spesialist?

Tenang, jika kamu merasa dirimu benar-benar baru mendengar tentang profesi ini kamu tetap bisa kok menjadi SEO spesialist meskipun kamu seorang pemula.

Agar kamu lebih bisa memahami, Yuk simak cara menjadi seseorang yang ahli SEO berikut ini:

Mengenal Pekerjaan SEO Spesialist

Bagi kamu yang mungkin masih pemula, sebelum mempelajari lebih jauh bagaimana cara menjadi ahli SEO, kamu harus tahu apa saja tanggungjawab dan kemampuan yang harus dimiliki seorang SEO spesialist.

Ahli SEO bertanggungjawab dalam membuat atau mengatur strategi konten yang akan di-post pada sebuah website supaya muncul pada mesin pencarian. Seorang SEO spesialist harus menentukan kata kunci atau keyword supaya konten tersebut muncul pada mesin pencarian.

Kemampuan-kemampuan yang harus kamu miliki sebagai ahli SEO untuk menunjang hal tersebut diantaranya adalah SEO copywriting, HTML atau Hyper Text Markup Languange, CSS serta CMS.

Mempunyai Website Pribadi

Bagi kamu yang memang benar-benar ingin terjun ke dalam dunia SEO spesialist, ada baiknya setelah mempelajari hal-hal di atas, buatlah website pribadi.

Kenapa minimal harus memiliki website atau mungkin blog pribadi? Karena jika kamu mempunyai website, kamu jadi lebih bebas dalam mengeksplorasi lebih banyak hal melalui website pribadi milik sendiri yang menunjangmu sebagai ahli SEO. Selain itu website pribadi juga bisa dijadikan media latihan yang dapat mengasah kemampuanmu dan menjadi portofoliomu yang bisa memiliki nilai jual di depan calon klienmu nanti.

Setelah membuat website pribadi jangan lupa untuk selalu membuat konten juga pada blogmu sendiri. Melalui konten yang ditampilkan pada website sendiri, kamu bisa menunjukkan bahwa kamu memang layak dan professional untuk menjadi seorang SEO spesialist.

Sebagai SEO Spesialist Baru, Cari Tahu Bagaimana Cara Kerja mesin Pencarian dan Algoritmanya

Kamu harus tahu bahwa pada dasarnya sebuah website bisa muncul pada halaman mesin pencarian dan bisa naik turun kapanpun tergantung pada update dan algoritma yang ada pada mesin pencariannya.

Oleh karena itu, kamu harus mempelajari bagaimana cara kerja dari sebuah mesin pencarian seperti Google dan bagaimana algoritmanya.

Untuk Google sendiri memiliki robot yang setiap waktu bisa merekam dan melakukan index di hasil pencarian. Dimana setiap harinya robot merangkak menjelajahi setiap website sehingga nantinya dengan algoritma Google, website-website tersebut akan dipilih mana yang pantas dan yang paling relevan dengan hal-hal yang dicari oleh pengguna Google.

Seperti itulah cara kerja algoritma Google yang sebenarnya memiliki kinerja yang sangat rumit dan juga banyak faktor-faktor yang mempengaruhinya.

Tujuan mengapa algoritma dibuat sedemikian rumit adalah untuk membuat hasil dari mesin pencarian yang benar-benar relevan atau cocok dengan apa yang dicari oleh para pengguna Google.

Misalnya saja jika kamu mencoba mencari “cara-cara membuat website yang mudah untuk pemula”, maka Google akan menampilkan banyak hasil yang mungkin paling mudah untuk kamu gunakan.

Sebagai calon SEO spesialistt, kamu harus memahami algoritma dari Google sendiri. Sebetulnya Google telah mengupdate algoritmanya sejak tahun 2000. Dan setiap tahunnya ada perkembangan yang dilakukan sehingga kamu harus up to date terhadap hal-hal tersebut.

Memahami Dasar-Dasar SEO untuk Jadi SEO Spesialist

Pengetahuan dasar tentang SEO wajib dimiliki oleh SEO spesialist, karena hal ini paling menunjang untuk membuat kamu sukses menjadi ahli SEO.

Jika dasar saja tidak ada bagaimana kamu bisa menjadi seorang ahli SEO? Bagaimana dapat membangun portofolio yang bagus sehingga memperoleh banyak kepercayaan?

Jadi hal dasar tentang SEO yang harus kamu miliki adalah mengetahui apa saja jenis-jenis dari SEO itu sendiri.SEO terdiri dari dua jenis yaitu SEO on page dan SEO off page. Wah, apa ya maksudnya?

SEO on page adalah langkah-langkah yang perlu dilakukan untuk mengoptimasi website dari dalam website itu sendiri, diantaranya adalah tema website, judul konten, penggunaan heading, struktur konten, kecepatan dari website, sampai internal linking.

Lalu jenis yang kedua adalah SEO off page yaitu langkah-langkah dalam melakukan optimasi website yang dilakukan dari luar website itu. Ketika kamu telah menjadi SEO spesialist, tidak cukup hanyamelakukan optimasi dari dalam website saja, tapi juga harus melakukannya dari luar website.

Faktor-faktor luar website yang bisa mempengaruhi kualitas SEO yang kamu kerjakan yaitu backlink atau inbound link. Jika banyak website berkualitas yang merujuk pada website yang kamu punya melalui backlink maka akan semakin baik.

Ketika kamu menjadi SEO spesialist, kamu dan websitemu akan dinilai memiliki kredibilitas yang baik dan hal ini juga dapat meningkatkan peluang untuk menaikkan peringkat dari website.

Mengikuti Sertifikasi SEO

Ikutilah sertifikasi SEO sehingga kamu bisa mempunyai sertifikasi SEO. Karena hal tersebut nantinya  akan menjadi daya tarik tersendiri saat kamu berprofesi menjadi SEO spesialist. Sertifikat menjadi bukti bahwa kamu telah menguasai tentang SEO yang tentu saja nanti kamu akan dinilai sebagai ahli SEO yang sudah terpercaya.

Di internet sendiri kamu dapat menemukan banyak pelatihan gratis mengenai SEO dan kamu juga bisa mendapatkan sertifikat. Meskipun sertifikat SEO dapat diperoleh secara gratis, tapi sebaiknya kamu juga tetap mengikuti pelatihan yang berbayar supaya kamu dinilai lebih berkualitas sebagai SEO spesialist.

Mengikuti Perlombaan

Untuk lebih diakui lagi sebagai SEO spesialistt, setelah kamu membuat website sendiri, berlatih optimasi di websitemu sendiri, dan juga mengikuti pelatihan sebaiknya kamu mengikuti perlombaan seperti kontes SEO atau blog competition.

Hal ini perlu kamu lakukan untuk menaikkan namamu supaya lebih dikenal banyak orang dan mulai dilirik hasil pekerjaannya.Jika kamu menang dalam perlombaan tersebut hal ini menjadi nilai tambah di dalam CV mu sebagai seorang SEO spesialist. Apalagi jika kamu memenangkan lomba yang bertingkat nasional. Bisa kamu bayangkan bukan bagaimana karirmu sebagai ahli SEO?

Nah, itu dia penjelasan mengenai cara menjadi SEO spesialist. Bagaimana? Apakah kamu tertarik untuk menekuni profesi sebagai ahli SEO? Jangan lupa ikuti cara cara di atas untuk mempersiapkan diri menjadi ahli SEO. Selamat mencoba!