Prosedur Lelang Rumah Kredit Macet Sesuai Undang-Udang

Prosedur Lelang Rumah Kredit Macet Sesuai Undang-Udang

Saat seseorang mengalami penunggakan hutang kepada pihak perbankan, dan sudah mendapat pemberitahuan tetapi masih belum bisa membayar, maka bisa saja aset seperti rumahnya disita. Akan tetapi terdapat beberapa prosedur lelang rumah kredit macet secara khusus.

Prosedur Lelang Rumah Kredit Macet

Pada dasarnya terdapat prosedur lelang rumah kredit macet yang perlu Anda lakukan sebelum membelinya. Terlebih, aktivitas pelelangan ini tentunya akan dilakukan secara umum dan terbuka. Agar tidak penasaran, maka simak beberapa prosedur selengkapnya di bawah ini:

  1. Menentukan Informasi Aset

Langkah pertama yang perlu dilakukan adalah mencari informasi tentang aset. Dalam hal ini adalah mengikuti investor gathering dari pihak bank. Umumnya acara tersebut akan dilakukan secara rutin. Akan tetapi, tidak ada salahnya jika berkunjung ke situs webnya langsung.

Tepatnya situs khusus yang memang digunakan sebagai wadah tentang informasi aset pelelangan. Terlebih setiap perbankan tentunya memiliki cara tersendiri dalam memasarkan aset tersebut. Salah satunya seperti rumah. Dengan begitu sangat memudahkan bagi calon pembelinya.

  1. Lakukan Survei Aset

Apabila Anda sudah menemukan aset yang diinginkan seperti rumah, maka cobalah untuk menghubungi petugas pengelola agunan agar nantinya dapat melakukan survei. Kemudian informasikan juga mengenai kapan melakukannya pada petugas bank terkait.

Dengan begitu, saat survey nantinya dapat menggali informasi lebih banyak tentang debitur maupun objek yang dilelang. Tentu saja hal ini sangat wajib untuk dilakukan. Pasalnya bisa saja rumah tersebut belum direnovasi atau belum sepenuhnya dibangun. Selain itu, cek juga kelengkapan dokumen legalitasnya.

  1. Mengajukan Pelelangan

Apabila sudah melakukan survey lebih lanjut, maka langkah selanjutnya adalah dengan mengajukan permohonan lelang. Umumnya pengaju lelang perlu membuat akun di halaman resmi www.lelang.go.id. Yakni salah satu situs resmi milik DJKN (Direktorat Jenderal Kekayaan Negara).

Jika sudah, maka isiĀ  format minat agar petugas mencatat Anda sebagai peserta. Kemudian nama Anda juga akan diproses due diligence-nya. Umumnya aktivitas ini akan berlangsung berdasarkan ketentuan lelang masing-masing atau aturan dari undang-undang agar benar-benar dapat memenuhi legalitasnya.

  1. Setor Uang Jaminan

Anda juga perlu menyetorkan sejumlah uang jaminan kepada KPKNL atau Kantor Pelayanan Kekayaan Negara dan Lelang. Dalam hal ini dapat dilakukan lewat website resmi seperti sebelumnya. Adapun jumlahnya mencapai 20% dari harga limit yang sudah ditentukan.

Tidak hanya itu saja, Anda juga akan memperoleh informasi mengenai berapa nominal tepat yang perlu dibayarkan nantinya. Kemudian mempunyai pilihan juga untuk menyepakati pembayaran secara cicil kredit hingga disetujui. Kemudian dapat melakukan pelunasan pelelangan tersebut kepada bank.

Dapatkan Konsultasi Prosedur Lelang di Justika

Setelah memahami beberapa penjelasan di atas, Anda mungkin ingin bertanya mengenai prosedur selengkapnya dari lelang rumah kredit yang mengalami kemacetan tersebut. Akan tetapi, tidak perlu khawatir. Pasalnya sekarang ini sudah tersedia platform online dari Justika.

Menyediakan layanan konsultasi terkait hukum yang terpercaya di Indonesia. Dengan begitu, sudah tidak perlu ragu saat ingin menggunakannya. Pasalnya, sudah tersedia banyak mitra advokat berpengalaman siap memberikan jawaban terbaik saat Anda bertanya.

Oleh karena itu, pastikan untuk langsung berkunjung ke blog informasi hukum justika. Kemudian dapatkan berbagai informasi lebih lengkap mengenai prosedur pelelangan rumah dari kredit macet tersebut. Selain itu, tidak mengapa juga jika membahas tentang hal lainnya seperti hutang piutang, bisnis, dan sebagainya.

Itu tadi penjelasan lengkap mengenai beberapa prosedur lelang yang dapat Anda ketahui. Tentu saja, setiap prosesnya akan dipandu oleh pihak bersangkutan agar nantinya aset seperti rumah ini dapat dijual dengan harga terbaik untuk membantu penyelesaian kredit macet.