June 14, 2021

Internet Positif

Internet Positif

Penjelasan Pengertian Kalimat Efektif

2 min read
Penjelasan Pengertian Kalimat Efektif

Dalam penulisan kalimat terdiri dari banyak jenis sehingga menjadi penentu bentuk penulisan kalimat itu sendiri. efektifitas kalimat itu sangat penting dalam penulisan yang nantinya berhubungan dengan penulisan kalimat efektif. Lalu, apa itu pengertian kalimat efektif? Kalimat efektif memiliki pengaruh yang besar apabila ingin menulis kalimat yang berkualitas.

Mengapa kalimat efektif penting? Ini bertujuan agar pembaca tidak bingung dan juga mudah bosan ketika membaca penulisan tersebut. Pembaca juga bisa lebih mudah menemukan gagasan pokok yang ingin disampaikan oleh penulis sehingga buku juga akan lebih laku karena mudah dipahami.

Saat menulis buku misalnya tulisan ilmiah tentu banyak kata-kata yang harus diperhatikan sebelum berlanjut ke proses cetak. Apabila Anda pernah menerbitkan buku atau ingin menerbitkan buku, penulisan kalimat yang semakin panjang dan bertele-tele tentu akan menambah jumlah paragraf, jumlah konten, dan juga jumlah halaman.

Semakin banyak halaman maka harga cetak juga akan semakin tinggi yang menjadi terbuang sia-sia padahal untuk menyampaikan pokok utama bisa dilakukan dengan lebih sederhana otomatis biaya cetak juga akan lebih rendah namun pembaca masih tetap dapat mengerti apa yang ingin disampaikan penulis.

Menulis itu tidak mudah sehingga menulis dengan menggunakan kalimat efektif diyakini dapat membantu meningkatkan kecerdasan seseorang karena bisa berpikir lebih efektif dengan cerdas dan cermat ketika menulis. Jadi menulis tidak semudah yang dipikirkan meskipun terdengar sederhana.

Pengertian Kalimat Efektif

Efektif jika dikaji artinya adalah suatu pekerjaan yang memiliki dampak yang signifikan atau khususnya efektif dalam memanfaatkan sumber daya dengan maksimal sehingga tidak ada sumber daya yang menganggur.

Jadi ciri-ciri dari kalimat efektif adalah jelas, tegas, minimalis, sedikit, dan memberikan dampak besar. Kalimat efektif sendiri merupakan suatu kalimat yang disusun berdasarkan kaidah EYD yang benar baik itu tanda baca, ejaan, dan lainnya sehingga lebih mudah dipahami oleh pembaca dan pendengar.

Jadi, penggunaan kalimat efektif dapat menimbulkan gagasan pokok pada pembaca atau pendengar sesuai dengan yang ingin disampaikan oleh penulis. Kalimat efektif haruslah yang mudah dipahami oleh pembaca atau pendengarnya.

Suatu kalimat termasuk kalimat efektif apabila tidak menimbulkan kesalahan penafsiran dari yang dimaksudkan penulis. Dengan ini maka penulis bisa menyampaikan pemikirannya dengan baik kepada pembaca dan pendengar. Berdasarkan pengertian kalimat efektif yang kami kutip dari daftarpustaka.org, kalimatnya juga tidak bertele-tele dan sistematis.

Copyright © All rights reserved. | Newsphere by AF themes.