Pengertian Router

Pada artikel ini saya akan menjabarkan tentang pengertian router wifi yang bisa kita gunakan sehari-hari.

Router wifi (sering disebut pemancar wifi) adalah perangkat jaringan yang biasa ditemukan di rumah, kantor, rumah sakit dan lain-lain. fungsi Router adalah untuk memancarkan sinyal wifi agar pengguna dapat mengakses Internet. Jadi dengan menggunakan sinyal internet itu kita bisa mengakses jaringan internet dan kita bisa melakukan browsing mencari informasi melalui smartphone atau komputer.  Jadi mari kita pelajari lebih lanjut tentang router wifi.

Apa itu router wifi?

Router wifi adalah perangkat yang memungkinkan Anda berbagi koneksi Internet dengan menggunakan perangkat seperti komputer, tablet, ponsel, dan perangkat WiFi lainnya di rumah anda melalui gelombang wifi, Router wifi membantu Perangkat komputer atau smartphone Anda untuk mengakses internet dan untuk kebutuhan kita sehari-hari.

Jadi sebenarnya Router adalah alat pembagi dimana sumber internet yang di transfer kedalam router itu disebarkan oleh router kemudian perangkat komputer atau smartphone menerima sinyal internet tersebut sehingga perangkat tersebut bisa mengakses internet.

Struktur dan prinsip kerja router wifi

Dalam hal konfigurasi, router wifi biasanya akan memiliki port LAN (dengan 1 atau lebih port LAN), port WAN (biasanya 1 atau 2), antena pemancar wifi (antena eksternal atau antena bawah tanah).

Prinsip operasi: Router merupakan alat yang memancarkan sinyal wifi, Anda perlu menghubungkan router ke modem melalui kabel RJ45 (biasanya disebut kabel LAN) dimana sumber internet terdapat didalam modem tersebut. Modem ini akan terhubung ke jalur layanan penyedia layanan Internet/ ISP.

Fungsi utama dari router wifi

Router memiliki fungsi mengirimkan paket jaringan antara 2 jaringan atau lebih, dari satu tujuan akhir ke banyak tujuan akhir dari router. Atau lebih sederhananya, router dapat terhubung ke wifi dengan ponsel dan tablet dan terhubung ke jaringan kabel dengan komputer, laptop, dan TV.

Semoga melalui artikel di atas pada dasarnya Anda akan mendapatkan sedikit lebih banyak pengetahuan tentang router wifi. Sekaligus, ketahui lebih banyak tentang fungsi dan kegunaan router wifi dalam kehidupan sehari-hari. untuk informasi seputar teknologi lainya anda bisa berkunjung ke website https://key-science.com