July 23, 2021

Internet Positif

Internet Positif

Pengelompokkan Jenis Alat Marchingband

2 min read

Dalam pertujukkan marchingband terdapat instrumen yang dikelompokkan pada beberapa kategori menurut jenis dan cara memainkan alat musik tersebut. Pengelompokkan alat ini membuat pengaruh struktur organisasional kepelatihan yang biasanya dispesifikasikan menurut kategori-kategori alat drumband tersebut. Untuk kategori pada masing-masing alat drumband memiliki pelatih sendiri. Tidak hanya itu, pengelompokkan alat drumband ini biasanya berpengaruh pada perilaku sosial para pemain marchingband.

Berikut merupakan pengelompokkan jenis alat marchingband :

  1. Instrumen musik tiup

Awalnya beberapa instrumen musik tiup hanya digunakan dalam drumband, namun sekarang sudah banyak yang kita temukan saat pertujukkan marchingband. Seiring berkembangnya ilmu teknologi,  beragam jenis instrumen musik tiup seperti cornet, clarinet, flugelhorn, saksofon, flut yang banyak digunakan dalam drumband sudah ditinggalkan. Biasanya instrumen musik tiup yang sering digunakan dalam pertunjukkan marchingband menggunakan nada dasar B atau bisa juga F. jenis musik ini diantaranya terompet, French horn, mellophone, tenor horn, baritone, tuba, euphonium.

jual marchingband

  1. Instrumen musik perkusi

Sama seperti instrumen musik tiup, instrumen musik perkusi merupakan jenis instrumen bergerak yang dibawa oleh pemain dan dimainkan dalam suatu barisan. Seseorang yang memainkan musik perkusi sambil berjalan disebut dengan drumline atau battery. Jenis instrumen musik perkusi yang yang digunakan alat marching biasanya lebih sedikit yang digunakan saat permainan alat marchingband. Beberapa contoh alat musik ini diantaranya simbal, drumbass, drum tenor, dan juga snare drum. Biasanya instrument musik perkusi ini dibawa menggunakan harness atau carrier.

  1. Instrumen musik pit  (statis)

Instrumen pit secara umum merupakan instrumen musik perkusi yang bernada. Biasanya penampilan alat band pada instrumen jenis ini bersifat statis. Pemain alat musik inipun tidak ikut dalam barisan seperti kelompok instrumen lainnya, tetapi pemainnya dapat memainkan alat musik tersebut di bagian depan lapangan yang digunakan dalam penampilan. Berbagai jenis instrumen yang digunakan alat drumband biasanya lebih bervariatif dari drumband.

jual marchingband

Banyak grup marchingband yang melakukan rakitan sendiri instrumen pit untuk menghasilkan suara unik dalam musik yang dimainkan. Jenis instrumen pit ini antara lain, tubular bell, drumbass konserr, timpani, gong cina, marimba, vibraphone, xylophone, dan lain sebagainya.

Itulah yang dapat kami sampaikan mengenai pengelompokan jenis alat musik marchingband dalam kelompok marchingband. Semoga bermanfaat. Untuk kalian yang saat ini sedang mencari info tentang jual marchingband kalian bisa langsung klik link berikut ini.

Copyright © All rights reserved. | Newsphere by AF themes.