April 15, 2021

Internet Positif

Internet Positif

Menikmati Karya Lukis Sang Maestro di Museum Affandi Jogja

5 min read
museum affandi

Mungkin saat liburan ke Jogja via open trip Jogja nanti, Anda ingin memasukkan tempat wisata bernuansa edukasi atau jelajah seni supaya kesan liburan kali ini berbeda. Kalau begitu, Anda bisa mengunjungi Museum Affandi. Sebuah museum dari Sang maestro lukis, Affandi.Di museum ini, terpajang puluhan lukisan karya Affandi dengan beragam tema lukisan. Memang sangat menarik; apalagi bagi Anda para pemerhati Seni.

Museum ini dibangun oleh Affandi sendiri. Awal mula, beliau hanya ingin membuat sebuah galeri untuk menampung karya-karya lukisnya. Akan tetapi, pada tahun 1974, galeri tersebut bukan hanya sebuah galeri namun museum yang diresmikan langsung oleh Prof Ida Bagus Mantra, yang waktu itu menjabat sebagai Direktur Kebudayaan Umum.

Museum Affandi ini sangatlah luas, dan terdiri dari 3 galeri utama. Di dalam museum ini juga ada sebuah restoran, yang selalu ramai dikunjungi wisatawan, baik lokal maupun mancanegara lho. Jadi, bagi Anda yang ingin mencicipi wisata jelajah seni di Jogja, bisa pergi ke Museum Affandi.

Harga Tiket Masuk Museum Affandi

Jika ingin berkunjung ke Museum Affandi, Anda tidak perlu mengeluarkan biaya yang terlalu mahal. Pasalnya tiket masuk di Museum Affandi sangatlah terjangkau dan masih tergolong cukup murah. Kira-kira berapa ya?

Anda hanya cukup membayar tiket masuk sebesar 25 ribu rupiah saja, sedangkan untuk wisatawan asing, Anda akan dikenakan biaya masuk sebesar 75 ribu rupiah. Masih terjangkau, kan? Lalu, jika Anda membawa kamera DSLR, Anda akan dikenakan biaya tambahan sebesar 10 ribu rupiah.

Nah, dengan harga tiket sebesar itu, Anda sudah bisa puas berkeliling ke 3 ruang galeri, menikmati karya lukis sang maestro. Dan, Anda pun juga akan mendapatkan minum gratis serta suvenir. Sangat menarik untuk dikunjungi.

Jam buka Museum Affandi, mulai dari jam 9 pagi sampai dengan 4 sore. Anda pun bisa berkunjung sesuai dengan jam yang berlaku. Lokasinya yang berada di tepi jalan raya, membuat museum ini sangat mudah ditemukan. Anda bahkan bisa berjalan kaki, jika sedang menginap di sekitaran Jalan Laksda Adisucipto.

Fasilitas Museum Affandi

Jika berkunjung ke sana, Anda juga akan menemukan beberapa fasilitas penunjang. Fasilitas yang ada, bisa Anda gunakan dengan baik dan bijak.

Di sana Anda sudah ada:

  • Mushola, yang berada di gerobak sapi. Tentu Gerobak ini sudah didekor sedemikian rupa dan sangat unik. Konon, gerobak sapi tersebut, dulunya merupakan tempat tidur Maryati, istri dari Affandi.
  • Toilet dan Kamar Mandi
  • Studio Gajah Wong, di sini Anda bisa mendapatkan pelatihan tentang cara melukis secara rutin.
  • Kafe. Anda bisa istirahat sebentar di kafe yang dekat dengan sungai Gajah Wong. Anda bisa mencicipi hidangan yang ada, sembari menikmati suasana sekitar.

Jelajah Ruang Galeri Museum Affandi

Museum Affandi terdiri dari 3 galeri utama. Anda bisa mulai dari jelajah ruang galeri pertama. Kira-kira di dalamnya ada apa ya?

Ruang Galeri Pertama

Ruangan ini menyimpan banyak lukisan Sang Maestro. Hampir sekitar 300 an karya lukis Affandi terpanjang di galeri pertama ini. Dan, sifatnya tidak dijual ya. Jadi, Anda hanya bisa melihat dan mencermati lukisan-lukisan karya Affandi yang terpajang berjajar dan luas di galeri pertama ini.

Lukisan yang terpajang tersebut adalah lukisan yang dibuat Affandi dari awal hingga tahun terakhir sebelum dirinya wafat. Anda bisa membayangkan, betapa Sang Maestro sangatlah produktif dan mencintai seni lukis yang selama ini digelutinya.

Selain lukisan, di sini juga ada dua buah patung potret dirinya yang dibuat dari tanah liat dan juga semen. Sementara di bagian ujung galeri ada sebuah mobil tua Col Gallant keluaran tahun 1976 bewarna kuning.

Di galeri pertama ini, Anda juga bisa melihat dua buah sepeda onthel yang juga dipamerkan. Anda juga bisa menjumpai sebuah lukisan eksotis, yakni hasil dari lukisan Affandi yang melukis punggung istrinya dalam keadaan telanjang.

Lalu, di bagian tengah dari galeri pertama ini, Anda juga bisa melihat lemari kaca Affandi, yang di dalamnya berupa penghargaan dari Asia, Eropa. Ada juga celana Affandi yang dulu sempat dipakai, yakni berupa celana warna-warni. Warna tersebut hasil dari Affandi sering mengelap tangan usai melukis.

Lanjut ke Galeri Dua

Anda akan menemukan koleksi lukisan dari rekan seniman Affandi. Lukisan tersebut ada dari Basuki Abdullah, Hendra, Fajar Sidik, Popo Iskandar, dan juga Rusli. Di galeri ke dua ini, Anda bisa membeli lukisan, karena sifatnya dijual. Jika tertarik, Anda bisa langsung membelinya.

Di galeri ke dua ini, Anda juga akan menemukan makam Affandi dan juga sang Istri yakni Maryati yang tertutup pohon rindang. Tak heran jika suasana di area ini sangat sejuk dan dingin.

Ruang Galeri Tiga.

Di galeri yang ke tiga ini sangat berbeda dari yang sebelumnya. Anda akan menemukan sebuah ruang yang berisi kursi dan meja serta LCD TV. Di sana Anda akan diajak duduk dan menikmati sebuah video dokumenter berdurasi 45 menit.

Video yang diputar tersebut adalah video yang dibuat pada tahun 80-an pada saat Affandi masih hidup. Video tersebut menggunakan Bahasa Inggris dengan subtitle Bahasa Belanda. Di dalam video tersebut, ada adegan saat Affandi sedang melukis di Parangtritis. Ada juga saat Affandi melukis dan dibantu beberapa asistennya, yang sangat luwes menggerakan tangan di atas kanvas.

Ciri khas dari Affandi adalah senang menumpahkan isi cat langsung ke dalam kanvas dan kemudian jarinya menari melukis di atas kanvas. Tentu saja, video dokumenter yang diputar tadi menjadi video yang menarik untuk di simak. Anda jadi tahu, bagaimana perjalanan melukis Affandi dan tata cara Affandi melukis.

Selain menonton video dokumenter, Anda juga bisa menemui beberapa lukisan karya Maryati dan Rubiyem. Rubiyem adalah istri kedua Affandi. Di sana, ada beberapa lukisan dengan teknik sulam. Ada pula lukisan dari Kartika, anak sematang wayang Affandi.

Anda bisa puas menjelajah ruang-ruang galeri di Museum Affandi dengan seksama dan memaknai maknanya. Jika berkenan, Anda bisa juga membawa lukisan yang dijual, serta Anda juga bisa beristirahat di sebuah kafe terkenal akan cita rasa masakannya.

Paket Wisata Jogja di Tugu Wisata

Sepertinya menarik bukan? Nah bagi kalian yang belum pernah berkunjung ke Museum Affandi lalu ada keinginan untuk ke sini, tak perlu bingung lagi. Kini ada banyak pilihan paket wisata di Jogja yang menawarkan beragam pilihan destinasi wisata menarik, termasuk Museum Affandi.

Tugu Wisata, misalnya, adalah salah satu biro perjalanan wisata terbaik di Jogja. Pilihan paket wisata yang ditawarkan begitu lengkap. Harga tiap jenis paket wisatanya pun relatif murah. Sebagai gambaran saja, berikut adalah daftar paket wisata Jogja di Tugu Wisata yang terbaru.

Jenis Paket Wisata Jogja Harga
Paket Wisata Jogja Sehari Mulai dari Rp.180.000/ orang
Paket Wisata Jogja 2 Hari 1 Malam Mulai dari Rp.530.000/ orang
Paket Wisata Jogja 3 Hari 2 Malam Mulai dari Rp.990.000/ orang
Paket Wisata Jogja 4 Hari 3 Malam Mulai dari Rp.1.200.000/ orang
Paket Wisata Jogja 5 Hari 4 Malam Mulai dari Rp.1.379.000/ orang
Paket Wisata Jogja Bulan Madu Mulai dari Rp.4.000.000/ orang

Biro perjalanan Tugu Wisata juga tak hanya menawarkan sejumlah paket wisata Jogja seperti yang telah disebutkan di atas. Agen tour and travel terbaik ini juga pastinya menyediakan paket wisata yang sama di kota-kota besar lainnya. Penasaran kan dengan beragam layanan paket wisata yang ada di Tugu Wisata? Kunjungi situsnya untuk dapatkan informasi lebih detail lagi.

Copyright © All rights reserved. | Newsphere by AF themes.