November 30, 2020

Internet Positif

Internet Positif

Mudahnya Menghitung Masa Subur dan Fase Datang Bulan Secara Normal

2 min read
Mudahnya Menghitung Masa Subur dan Fase Datang Bulan Secara Normal

Bagi wanita, mengalami sebuah datang bulan memang sudah menjadi hal rutin dan wajib dilalui sebagai tanda bahwa masa subur. Salah satu tips penting ketika sedang mengalami atau ingin memperkirakan selanjutnya, maka sebaiknya tahu cara bagaimana menghitung secara akurat masalah ini. Itulah mengapa dalam menghitung masa subur sangat berguna demi merencanakan program kehamilan hingga untuk mendapat keturunan.

Saat mengalami datang bulan, sebenarnya ada rentang hari dimana bisa dikatakan sebagai siklus rutin atau wajib hingga kondisi selanjutnya. Sebagai umumnya wanita, biasanya akan terjadi pada periode sekitar 21 hingga 35 hari untuk terjadi pada kejadian berikutnya bila secara normal. Inilah mengapa banyak wanita ketika ingin merencanakan suatu kehamilan atau sebaliknya perlu sangat teliti masalah satu ini rutinnya.

Melihat Siklus Normal Datang Bulan

Ketika ingin mengetahui masa subur, sebaiknya tetap ketahui dengan betul mengenai siklus yang terjadi ketika sedang datang bulan. Pada saat tersebut, sebenarnya ada tiga fase utama dimana sebagai tolak ukur bahwa ketika datang bulan dikatakan normal. Mengenai masalah itu, belum tentu semua wanita mengetahui dengan seksama masalah munculnya siklus satu ini.

Berikut merupakan siklus normal terkait dalam bulan dalam bentuk setiap fase terjadinya :

  1. Masa menstruasi

Menuju siklus awal atau pertama, biasanya dinding rahim mulai mengalami runtuh dan membuat sehingga butuh empat hingga enam hari masa tersebut. Tentu wanita akan kehilangan darah dimana termasuk dalam kategori kotor untuk waktu sekitar tiga hari pertama sebagai umumnya. Tanda lain adalah rasa seperti kram di panggul, kaki, sisi seluruh punggung sudah biasa. Jika tidak muncul beberapa tanda tersebut justru akan mencurigakan biasanya.

  1. Masa folikular

Kemudian selanjutnya ada fase atau masa bernama folikular, sebagaimana foliker telur dari ovarium akan siap dilepaskan. Setiap siklus akan terdapat satu telur dilepas dan akan memakan waktu tidak tentu sehingga sangat tidak bisa diprediksi ketika terjadi. Nantinya rahim akan mulai menumbuhkan endometrium agar bisa sebagai menyiapkan masa subur.

  1. Luteal

Terakhir adalah fase disebut luteal dimana folikel telur sudah melepaskan telur di ovarium milik para wanita dengan sempurna. Kejadian hal tersebut sangat bebas, yaitu diantara hari ke 7 hingga 22 sejak siklus datang bulan pertama secara normal tentunya. Jika terjadi pembuahan, sel sperma akan menempel pada endometrium tetapi jika tidak akan terjadi luruh pada sisi tersebut.

Berpacu dari tiga fase tersebut, maka menghitung masa subur bisa ditarik bahwa bisa terjadi pada hari ke 10 hingga 17 setelah sudah datang bulan. Sebenarnya masih bisa berubah, namun agar masa subur lebih baik memang harus dibuahi. Kalau secara hitungan hari, maka contoh paling mudah adalah ditambah sekitar 28 hari dan dikurangi sekitar 14 hari. Hasil dari perhitungan merupakan jawaban terkait masa subur wanita.

Copyright © All rights reserved. | Newsphere by AF themes.