Meta Buat Mesin Check Bukti Berbasiskan AI untuk Klarifikasi Content Wikipedia

Komune Wikipedia sempat diselimuti kasus pada 2020, saat tersingkap ada seorang remaja AS sudah menulis 27.000 entri dengan bahasa yang tidak mereka kuasai.

Ini mengingati jika ensiklopedi online bukan sumber info yang sempurna. Kadang, orang akan berusaha untuk mengubah entri Wikipedia karena niat jahat, tapi kerap kali kekeliruan faktual tiba dari beberapa pribadi yang berniat baik tetapi membuat kekeliruan.

Untuk menangani permasalahan itu Wikimedia Foundation berpartner dengan perusahaan induk Facebook, Meta. Mencuplik Engadget, Rabu (13/7/2022), ke-2 nya fokus pada cuplikan.

Permasalahannya, banyak footnotes Wikipedia yang perlu diverifikasi oleh editor relawan di platform. Dengan website yang tumbuh lebih dari 17.000 artikel tiap bulan, banyak cuplikan yang tidak terhitung banyaknya diketemukan tidak komplet, tidak tepat, atau lenyap.

Meta meningkatkan mesin check bukti berbasiskan kepandaian bikinan (Artificial intelligence/AI) yang automatis bisa scan cuplikan dalam jumlah besar untuk mengonfirmasi ketepatannya.

AI dapat merekomendasikan cuplikan alternative saat mendapati sisi yang sumbernya buruk. Saat editor manusia Wikipedia menilai cuplikan, mereka memercayakan akal pengalaman dan sehat.

Saat AI lakukan tugas yang serupa, dia memakai mode alih bentuk Alami Language Understanding (NLU) yang coba pahami beragam jalinan kata dan frasa dalam sebuah kalimat.

Pangkalan data Sphere, yang terbagi dalam lebih dari 134 juta halaman situs, bertindak selaku index pengetahuan mekanisme. Saat jalankan pekerjaannya untuk mengecek cuplikan dalam sebuah artikel, mode ini direncanakan untuk mendapati sebuah sumber buat mengonfirmasi tiap klaim.

Wikipedia Stop Feature Bantuan

Awalnya, Wikimedia Foundation sudah hentikan akseptasi langsung kurensi sebagai sumbangan. Yayasan itu mulai terima bit koin sebagai bantuan semenjak Juli 2014.

Yayasan Wikimedia ialah organisasi nirlaba yang mengadakan Wikipedia dan project pengetahuan gratis lain. Wikipedia sendiri ialah ensiklopedi online gratis dengan lebih dari 200 ribu kontribusi relawan.

Organisasi itu mempublikasikan penyempurnaan di halaman Wikipedia pada 1 Mei 2022 masalah pernyataan berkenaan penghentian bantuan.

“Kami mulai terima kurensi langsung di tahun 2014 berdasar keinginan dari relawan dan komune donor kami. Kami membuat keputusan ini berdasar operan balik terkini dari komune yang serupa,” catat Wikipedia, diambil dari bits koin .com, Sabtu (21/5/2022).

“Secara eksklusif, kami akan tutup account Bitpay kami, yang hendak hapus kekuatan kami untuk langsung terima kurensi sebagai sistem bantuan,” lanjut isi informasi.

Seorang editor Wikipedia, Molly White menerangkan keputusan itu keluar dialog sepanjang 3 bulan yang diawali pada 10 Januari lalu. Dialog itu usai pada 12 April.

“Keseluruhan 400 pemakai berperan serta, walau beberapa ialah pemakai tunggal. account arah dibikin cuma untuk dialog,” ucapnya.

Halaman keinginan komentar komune Wikimedia menerangkan argument umum yang memberikan dukungan pemberhentian akseptasi bantuan terhitung permasalahan kelestarian lingkungan.

Sudah diketahui tehnologi banyak dikritik karena pemakaian energi dengan jumlah besar yang disebutkan bisa menghancurkan lingkungan.

Di lain sisi, telah banyak argument dan bukti yang memperlihatkan beberapa manfaatkan energi terbarukan semakin lebih ramah lingkungan pada proses pembikinannya.

Disclaimer: Tiap keputusan investasi berada di tangan pembaca https://omkicau.id/ . Dalami dan analitis saat sebelum beli dan jual. Liputan6.com tidak bertanggungjawab atas keuntungan dan rugi yang muncul dari keputusan investasi.

Baru saja ini, Pengadilan Moskow menuntut Wikipedia hapus info berkaitan agresi Rusia ke Ukraina. Yayasan nirlaba Wikimedia, yang memayungi Wikipedia, selanjutnya ajukan banding pada keputusan.

Mencuplik VOA Indonesia, Rabu (15/6/2022), banding disodorkan karena Wikimedia memiliki pendapat masyarakat dunia mempunyai hak untuk ketahui bukti-bukti perang itu.

Pengadilan Moskow mendenda Wikimedia Foundation sebesar lima juta rubel atau sekitaran Rp 1,3 miliar karena menampik hapus artikel Wikipedia berbahasa Rusia mengenai perang terhitung “Agresi Rusia ke Ukraina”, “Kejahatan Perang sepanjang Agresi Rusia ke Ukraina” dan “Pembantaian di Bucha.”

Moskow menjelaskan beberapa informasi itu sebagai disinformasi.

“Keputusan ini menunjukkan jika sumber info yang bagus dan terkonfirmasi di Wikipedia yang tidak searah dengan info yang diberi pemerintahan Rusia sebagai disinformasi,” Stephen LaPorte, Associate General Counsel di Wikimedia Foundation, menjelaskan dalam sebuah pernyataan.

Wikipedia, yang menjelaskan sudah tawarkan “riwayat draf ke-2 ,” adalah dari sedikit sumber info berbahasa Rusia yang dipakai masyarakat negara itu untuk mengonfirmasi bukti berkenaan perang Rusia Ukraina yang sekarang ini masih berjalan, sesudah perlakuan keras yang sudah dilakukan Kremlin pada beberapa media di Moskow.

“Pemerintahan menargetkan info yang penting untuk kehidupan warga di periode kritis,” kata LaPorte. “Kami menekan pengadilan untuk menimbang kembali untuk memberikan dukungan hak tiap orang atas akses kebebasan berekspresif dan pengetahuan.”

Pengadilan Moskow memiliki pendapat jika apa yang dikatakan sebagai disinformasi di Wikipedia memunculkan resiko untuk keteraturan umum di Rusia dan jika Yayasan, yang berkantor pusat di San Francisco, California, bekerja dalam daerah Rusia.

Yayasan itu dituntut di bawah undang-undang Rusia mengenai ketidakberhasilan untuk hapus info yang dilarang. Kasus ini dibawa oleh regulator komunikasi Rusia Roskomnadzor.

Banding Wikipedia

Banding Wikipedia, yang disodorkan pada 6 Juni, memiliki pendapat jika hapus info ialah pelanggaran hak asasi manusia. Wikipedia menjelaskan Rusia tidak mempunyai yurisdiksi atas Wikimedia Foundation, yang ada secara global dalam lebih dari 300 bahasa.

Info yang ada Wikipedia dicatat dan di-edit oleh relawan.

Cerita perang di Ukraina, agresi darat paling besar di Eropa semenjak Perang Dunia Ke-2 , datang dalam info yang bervariatif secara mencolok — dan sudah benar-benar dipolitisasi dengan wartawan asal Rusia dan beberapa negara Barat dengan teratur didakwa keliru dalam memberikan laporan informasi berkenaan perang itu. ‚Äč

Ukraina menjelaskan faksinya ialah korban perampasan tanah style kekaisaran yang tidak berargumen oleh Rusia, tapi Kiev akan berusaha sampai akhir untuk merampas kembali daerah yang sudah ditempati pasukan Rusia. Kiev sudah berkali-kali minta kontribusi Barat untuk melawan Rusia.

Presiden Vladimir Putin dan petinggi Rusia tidak memakai kata “perang” atau “agresi.” Mereka mengatakan sebagai “operasi militer khusus” yang mempunyai tujuan untuk menahan penindasan pada pengucap bahasa Rusia di Ukraina timur.

Putin menjelaskan perselisihan itu ialah titik balik dalam riwayat Rusia: perlawanan Moskow menantang Amerika Serikat, yang menurut dia sudah membuat malu Rusia semenjak jatuhnya Uni Soviet pada 1991 dan menggerakkan untuk membesarkan koalisi militer NATO.

Ukraina dan simpatisan Baratnya menyanggah claim Moskow jika pengucap bahasa Rusia dianiaya. Kiev menjelaskan pasukan Rusia sudah lakukan kejahatan perang, terhitung pembunuhan, penganiayaan dan pemerkosaan di sejumlah daerah seperti Bucha.