October 27, 2020

Internet Positif

Internet Positif

MENGENAL PENYAKIT GONDOK; PENYAKIT YANG KATANYA DISEBABKAN OLEH KURANGNYA YODIUM

3 min read

Penyakit gondok – Siapa yang tidak kenal dengan gondok? Salah satu masalah kesehatan ini pernah menjadi momok menakutkan di  masa lalu. Gondok membuat penderitanya mengalami pembengkakan di area leher. Sekilas pembengkakan ini tidak terlihat berbahaya. Tapi jika dipertimbangkan lebih jauh, pembengkakan ini jelas sangat mengganggu. Penderita bisa saja mengalami penurunan aktivitas. 
Dikutip dari alodokter.com, gondok sendiri adalah penyakit yang timbul dari pembengkakan kelenjar tiroid. Kelenjar tersebut biasanya terdapat pada area leher. Sehingga saat pembengkakan itu terjadi, penderita akan mengalami pembengkakan pula di area leher. 
Dewasa ini gondok sudah tidak lagi menakutkan. Sudah ditemukan obat dan metode untuk mengatasi masalah kesehatan ini. Namun tetap saja, gondokadalah masalah kesehatan. Kemunculannya akan sangat mengganggu kesehatan. Kondisi ini jelas membuat aktivitas jadi terganggu dan produktivitas jadi berkurang. 

MENGENAL PENYEBAB PENYAKIT GONDOK

Ada beberapa faktor yang menyebabkan gondok. Penyebab-penyebab tersebut bisa Anda kenali untuk dihindari. Adapun penyebab-penyebab yang dimaksud adalah sebagaimana yang dijelaskan berikut. 

    Kekurangan yodium

      Kelenjar tiroid membutuhkan yodium untuk keperluan produksi tiroid. Yodium sendiri umumnya ditemui pada garam. Kekurangan yodium akan membuat kelenjar tiroid bekerja lebih keras dan pada akhirnya membesar.
      Oleh karena hal itu, Anda dianjurkan untuk selalu mengonsumsi garam beryodium untuk mengurangi resiko ini. 

        Dampak dari penyakit graves

          Penyakit graves terjadi bilamana kelenjar tiroid terlalu aktif memproduksi hormone. Hal itu terjadi akibat reaksi system kekebalan tubuh yang menyerang kelenjar ini. Kondisi itu membuat kelenjar tiroid bekerja di luar biasanya. Dan pada akhirnya, kelenjar akan membesar seiring berjalannya waktu. 

          Dampak penyakit hashimoto

          Tidak hanya penyakit graves saja yang membuat kelenjar tiroid bekerja di luar batas kemampuan. Penyakit hashimoto pun membuat kelenjar ini melakukan hal yang sama.
          Penyakit ini memungkinkan kelenjar pituitari menghasilkan horomon merangsang kelenjar tiroid secara berlebihan. Kondisi ini membuat kelenjar tiroid bekerja di luar batas kemampuan hingga akhirnya membesar.

            Merokok

              Dikutip dari hellosehat.com, merokok jadi salah satu penyebab gondok. Alasannya, kandungan tiosianat dalam rokok membuat tubuh mengalami penurunan dalam menyerap yodium. Kondisi ini membuat kelenjar tiroid kekurangan yodium.
              Dan sebagaimana yang Anda tahu seputar kelenjar tiroid dan yodium. Kelenjar ini akan bekerja di luar batas kemampuannya akibat kekurangan zat yang satu ini. 

              CARA MENGOBATI PENYAKIT GONDOK

              Pada dasarnya pengobatan gondok bias dilakukan tanpa bantuan medis. Itu jika kondisi gondok yang Anda alami tidak begitu parah; atau dengan kata lain, pembesaran pada area leher Anda tidak begitu signifikan. 
              Jika kondisi ini terjadi, hal pertama yang harus Anda lakukan adalah dengan mempertahankan asupan yodium pada tubuh. 
              Anda dianjurkan untuk mengonsumsi yodium dalam batas yang cukup. Ukuran yodium yang cukup di sini diperkirakan sekitar 150 mikrogram per hari. Ukuran itu sudah sangat mencukupi manakala Anda sudah mengonsumsi garam beryodium setiap hari.
              Namun demikian. Jika kondisi gondok Anda sudah besar, tindakan penanganan haruslah melibatkan unsur medis. 
              Adapun pengobatan yang bisa diterapkan untuk mengatasi masalah gondok yang sudah membesar adalah sebagai berikut. 

                Pemberian Levotiroksin

                  Ini adalah pengobatan dengan pendekatan farmasi. Maksudnya, metode ini melibatkan obat untuk menangani gondok. Levotiroksin sendiri adalah obat yang digunakan untuk penderita gondok dengan kadar tiroid yang rendah. 

                    Obat Antitiroid

                      Berlainan dengan levotiroksin. Obat ini justru akan diberikan pada penderita dengan tiroid yang tinggi. 

                      Operasi pengangkatan

                      Ini adalah penanganan yang dilakukan untuk kondisi gondok yang kronis; kondisi di mana gondok sudah sangat membesar dan mengganggu pernapasan penderita. Dokter akan menganjurkan pengangkatan tiroid bila kondisi demikian. 
                      Itulah tadi beberapa hal seputar penyakit gondok. Gondok sendiri adalah penyakit yang sering muncul di masyarakat. Penangananya bias dilakukan dengan mandiri. Namun jika gondok sudah semakin membesar, penanganan medis adalah hal yang sangat dianjurkan untuk dilakukan.
                      Copyright © All rights reserved. | Newsphere by AF themes.