October 27, 2020

Internet Positif

Internet Positif

Mengenal Makanan Penyebab Kolesterol Tinggi yang Harus Dihindari

2 min read
Mengenal Makanan Penyebab Kolesterol Tinggi yang Harus Dihindari

Bisa dikatakan jika kolesterol LDL yang tinggi adalah salah satu masalah kesehatan yang cukup mengganggu. Tidak hanya itu, kolesterol yang tinggi bisa menyebabkan gangguan kesehatan yang cukup serius, terutama stroke dan gangguan jantung. Oleh karenanya, untuk mencegah masalah ini berlarut, Anda harus menghindari mengonsumsi makanan penyebab kolesterol tinggi.

Perlu diketahui bahwa sekitar 30% kolesterol yang ada di dalam tubuh akan dihasilkan oleh makanan. Memang, ada kolesterol baik yang dibutuhkan tubuh. Namun, bukan berarti Anda bebas mengonsumsi makanan yang mengandung kolesterol, terutama jika kolesterol tersebut adalah kolesterol LDL yang disebut juga kolesterol jahat.

Mengonsumsi makanan dengan kandungan kolesterol LDL tinggi dalam jumlah berlebihan hanya akan merugikan tubuh. Lantas, apa saja makanan penyebab kolesterol tinggi yang harus dihindari?

Daftar Makanan Penyebab Kolesterol Tinggi

Agar kadar kolesterol di dalam tubuh senantiasa stabil, maka pola konsumsi harian tentu harus diperbaiki. Ada beberapa makanan yang bisa menyebabkan meningkatnya kolesterol LDL dan harus dihindari.

Beberapa makanan tersebut diantaranya adalah sebagai berikut:

  • Makanan yang digoreng

Berbagai makanan yang digoreng –tentu saja tidak hanya gorengan yang dimaksud, memiliki kandungan kolesterol LDL yang cukup tinggi. Terlebih jika menggunakan teknik deep-fry saat menggoreng.

Selain itu, makanan yang digoreng juga memiliki kandungan kalori yang cukup tinggi dan berpotensi mengandung lemak trans. Kandungan inilah yang nantinya akan meningkatkan risiko penyakit cardiovascular, seperti jantung.

  • Makanan cepat saji

Makanan cepat saji seringkali dipilih karena mudah dibuat dan juga memiliki rasa yang nikmat. Namun, di balik kenikmatan rasanya, makanan cepat saji memiliki kandungan kolesterol yang cukup tinggi dan bisa menyebabkan diabetes serta obesitas jika tidak dihindari.

  • Daging olahan

Ada cukup banyak makanan yang dibuat dari daging olahan. Beberapa produk daging olahan seperti ham, sosis, daging asap, bacon, nugget dan lainnya cukup mudah ditemukan dan sering menjadi makanan favorite banyak kalangan.

Memang, produk daging olahan tersebut cukup mudah dijadikan masakan dan juga memiliki rasa yang nikmat. Namun, perlu diketahui bahwa konsumsi daging olahan secara berlebihan akan meningkatkan risiko gangguan jantung dan kanker usus besar karena kandungan kolesterol LDL yang cukup tinggi.

  • Seafood

Suka mengonsumsi seafood? Sepertinya mulai saat ini Anda harus melakukan pembatasan. Seafood memang nikmat terlebih dengan menu-menu yang berbeda. Hanya saja, seafood memiliki kadar kolesterol LDL yang cukup lumayan, terlebih jika seafood diolah dengan cara digoreng.

Nah, beberapa bahan di atas adalah makanan penyebab kolesterol tinggi yang sebaiknya dihindari. Sesekali, Anda boleh saja mengonsumsi makanan tersebut. Hanya saja, lakukan pembatasan dan juga konsumsi beragam sayur dan buah untuk mengimbangi pola konsumsi sehingga kadar kolesterol di dalam tubuh akan senantiasa stabil.

Copyright © All rights reserved. | Newsphere by AF themes.