April 16, 2021

Internet Positif

Internet Positif

Mengenal Jurusan Desain

3 min read

Siapa di antara Anda yang tertarik dengan departemen desain? Sudahkah Anda memutuskan jurusan desain yang tepat? Atau masih bingung dengan jurusan ini? Saat memilih jurusan, penting untuk mempelajari lebih dalam tentang jurusan yang tersedia agar nantinya tidak salah memilih jurusan.

Seperti dalam pembahasan kali ini, saya akan membahas masalah-masalah yang berkaitan dengan departemen desain. Ada berbagai macam jurusan desain seperti: Desain komunikasi visual, desain interior, desain kriya dan desain produk.

Jurusan desain perguruan tinggi tidak hanya mengambil foto! Dalam kursus desain, Anda akan belajar tidak hanya keterampilan menggambar teknis, tetapi juga metode pemecahan masalah dasar, keterampilan analitis, dan pemikiran kritis. Jurusan desain memang menjadi salah satu departemen yang paling diminati belakangan ini, terutama setelah merebaknya dunia digital.

Ada beberapa tema utama dalam dunia desain yaitu desain komunikasi visual, desain interior, desain produk, dan desain fashion. Sayangnya, beberapa calon mahasiswa bingung memilih jurusan ini. Jurusan ini berbeda satu sama lain. Jangan biarkan diri Anda membuat keputusan yang salah hanya karena Anda tidak terlalu mengerti. Yuk simak perbedaannya di bawah ini.

Desain Komunikasi Visual

Jika Anda tertarik menjadi seorang desainer grafis, desainer situs web, animator, ilustrator, atau kartunis, Desain Komunikasi Visual adalah tempatnya. Pada jurusan Desain Komunikasi ini, Anda akan mempelajari hal-hal yang berkaitan dengan komunikasi seperti: Menyampaikan pesan kepada orang lain yang disajikan dalam bentuk visual.

Banyak materi yang menarik untuk dipelajari di jurusan ini, seperti desain grafis, animasi, ilustrasi, fotografi, dan lain-lain. Seorang desainer visual menciptakan desain yang unik dan indah serta dapat menjelaskan konsep dan hal lain yang berkaitan dengan desain tersebut.

Perguruan tinggi yang berfokus pada desain komunikasi visual antara lain Institut Seni Indonesia di Denpasar, Institut Seni Indonesia Yogyakarta, Institut Seni Jakarta, Institut Teknologi Bandung, Universitas Sebelas Maret, Universitas Negeri Malang, Universitas Negeri Semarang, dan Negeri Makassar. Universitas dan lainnya.

Desain Interior

Jika Anda ingin menjadi seorang desainer interior, Anda dapat menghubungi departemen desain interior, yang dapat mengajarkan Anda lebih banyak tentang perencanaan ruang dan cara mendesainnya dalam sebuah bangunan.

Tujuan dari desain interior ini tidak hanya untuk memaksimalkan fungsi ruang, tetapi juga untuk memberikan kenyamanan pada penghuninya. Bidang ini erat kaitannya dengan seni dan estetika. Jadi harus kreatif, bisa berkomunikasi dengan baik, percaya diri dan bisa bekerja dalam tim.

Seorang desainer interior juga akan melakukan proyek penelitian untuk menemukan material yang tepat untuk mengisi sebuah ruangan. Perguruan tinggi / perguruan tinggi desain interior antara lain Institut Seni Indonesia Surakarta, Institut Seni Jakarta, Institut Seni Indonesia Denpasar, Institut Teknologi Bandung, Institut Teknologi Sepuluh Nopember, Universitas Indonesia dan lain-lain.

Desain Produk

Di departemen Desain Produk, Anda akan belajar merencanakan dan merancang produk yang memenuhi kebutuhan manusia. Di departemen ini, Anda tidak hanya fokus pada estetika produk, tetapi juga pada nilai kegunaan produk. Anda harus kreatif dan inovatif, termasuk dalam pembuatan produk yang dapat menyelesaikan permasalahan di masyarakat.

Produk yang sudah Anda rancang nantinya akan diproduksi dalam bentuk nyata dan bisa dipasarkan. Prospek karir pada departemen ini meliputi desainer produk industri, desainer produk wirausaha, dan peneliti desain produk (riset).

Perguruan tinggi yang fokus pada desain produk antara lain Institut Seni Indonesia Yogyakarta, Institut Teknologi Sepuluh Nopember, Institut Teknologi Bandung, dan lain-lain.

Desain Fashion

Bagi Anda yang menyukai trend fashion dan ingin menjadi fashion designer bisa mengunjungi jurusan fashion design. Di departemen ini, Anda akan belajar tentang seluk beluk dunia mode, mulai dari tren hingga desain, pemasaran produk fesyen hingga menggunakan teknologi untuk menyelesaikan pekerjaan Anda.

Keterampilan utama yang dipelajari mahasiswa di departemen ini antara lain membuat sketsa produk desain, menggunakan teknologi untuk membuat desain, memilih bahan, warna dan bentuk secara kreatif, dan mempertimbangkan segala macam detail dalam pekerjaannya.

Universitas / perguruan tinggi dengan fokus fashion design antara lain Institut Seni Indonesia Yogyakarta, Seni Indonesia Denpasar, ESMOD, LaSalle Collage International Jakarta dan lain-lain.

Lulusan desain juga memiliki prospek karir sebagai art atau creative director yang biasanya membawahi berbagai bidang seperti desainer grafis, ilustrator, fotografer, fashion stylist, dan lain-lain. Seorang direktur seni atau kreatif bertanggung jawab untuk mengarahkan tim untuk membuat program, iklan, atau strategi pemasaran.

Ini adalah deskripsi dari departemen desain. Semoga bermanfaat bagi anda khususnya yang tertarik dengan desain. Sampai jumpa di artikel lain.

Artikel ini dikhususkan untuk desainkit, yang beralamat domain lengkap di desainkit.com. Yuk kunjungi juga disana, dapatkan template power point yang keren dan menarik.

Copyright © All rights reserved. | Newsphere by AF themes.