July 23, 2021

Internet Positif

Internet Positif

Managerial Skills (Keterampilan Manajer)

2 min read

Managerial Skills (Keterampilan Manajer)

Managerial Skills (Keterampilan Manajer)

1. Teknologi (Keterampilan Teknis)

Keterampilan yang dibutuhkan untuk menyelesaikan atau memahami jenis pekerjaan tertentu yang dilakukan dalam suatu organisasi.

 

2. Interpersonal (keterampilan dalam berhubungan dengan orang lain)

Kompetensi interpersonal adalah kemampuan untuk memahami, memotivasi dan mengomunikasikan individu dan kelompok. Komunikasi persuasif harus selalu diciptakan dari manajer kepada bawahan yang dipimpinnya.

Seorang manajer dengan kemampuan komunikasi persuasif, ramah dan kebapakan membuat karyawan merasa dihargai dan kemudian lebih terbuka kepada atasannya. Keterampilan komunikasi diperlukan baik di tingkat manajemen atas, menengah dan bawah.

 

3. Conceptual (Keterampilan Konseptual)

Konseptual adalah kemampuan untuk memahami dan memandang organisasi sebagai satu kesatuan. Bagaimana semua bagian organisasi dapat bekerja sama melalui keputusan yang didasarkan pada kepentingan seluruh organisasi.

Manajer tingkat atas (top manager) diharapkan mampu mengembangkan konsep, ide dan gagasan untuk pengembangan organisasi lebih lanjut. Ide, gagasan dan konsep tersebut kemudian diterjemahkan ke dalam rencana kegiatan untuk mewujudkan ide atau konsep tersebut. Proses mengubah ide menjadi rencana kerja tertentu biasanya disebut proses perencanaan. Keterampilan konseptual karena itu juga keterampilan untuk menyusun rencana kerja.

 

4. Diagnosis (Keterampilan Membaca Situasional)

Keterampilan diagnostik adalah kemampuan untuk memvisualisasikan respons yang paling tepat untuk situasi tertentu.

 

5. Komunikasi (Communication Skill)

Kemampuan manajer untuk mengkomunikasikan ide dan informasi secara efektif kepada orang lain dan menerima ide dan informasi dari orang lain.

 

6. Pengambilan Keputusan (Decision Making)

Keterampilan ini merupakan kemampuan untuk mendefinisikan suatu masalah dan menentukan cara terbaik untuk memecahkan masalah tersebut. Pengambilan keputusan merupakan hal yang paling penting bagi seorang manajer, terutama bagi sekelompok manajer puncak (top manager). Ada tiga langkah untuk mengambil keputusan, yaitu:

  1. Seorang manajer perlu mendefinisikan masalah dan mencari alternatif yang berbeda untuk menyelesaikannya.
  2. Manajer perlu mengevaluasi setiap alternatif yang tersedia dan memilih alternatif yang dianggap terbaik.
  3. Manajer harus menerapkan dan memantau alternatif yang telah dipilihnya dan mengevaluasinya agar tetap pada jalurnya.

 

7. Manajemen Waktu

Kemampuan manajer untuk memprioritaskan pekerjaan, mengontrol jam kerja secara efektif dan mendelegasikan pekerjaan dengan cara yang tepat. Keterampilan ini merupakan keterampilan yang berkaitan dengan kemampuan seorang pengemudi untuk menggunakan waktu dengan bijak. Sumber Rangkuman Terlengkap : SeputarIlmu.Com

Copyright © All rights reserved. | Newsphere by AF themes.