main image

Banyak sekali smartphone dari berbagai brand yang dibanderol dengan harga Rp1 jutaan. Salah satunya adalah Vivo yang menghadirkan Vivo Y1s. Smartphone yang hadir di Desember 2020 ini dibanderol dengan harga Rp1 jutaan. Harganya yang sangat terjangkau membuat pemerhati gadget penasaran dan ingin tau fitur apa yang ditawarkan oleh Vivo Y1s ini. Untuk mengetahuinya, ayo simak kelebihan dan kekurangan dari smartphone ini yang dilihat dari berbagai aspek spesifikasi.

Kelebihan vivo Y1s

  • Desain

Meskipun disebut sebagai smartphone murah, namun tentu tetap harus ada nilai jual yang menarik yang membuat smartphone menjadi layak dibeli. Begitu juga dengan smartphone Vivo Y1s ini. Nilai jual yang ditawarkan smartphone ini dapat dilihat dari desainnya. Desain yang disematkan di smartphone ini patut diapresiasi karena menyematkan desain berbahan matte plastik yang jarang meninggakan sidik jari. Dilihat dari desainnya, smartphone harga Rp1,5 jutaan ini mengingatkan pada desain smartphone Vivo Y91c. Usut punya usut, Vivo Y1s ini kabarnya adalah rebranding dari Vivo Y91c, namun bedanya terletak di warna, chipset, dan juga versi UI-nya.

Selain itu dari segi desain, meskipun terbuat dari plastik namun desainnya tidak tampak terlalu murahan, dengan warna khas desain ponsel kekinian.

  • Triple Slot

Slot Sim Vivo Y1s terletak di sisi kanan atas. Ketika slot ini dibuka, di dalamnya terdapat tiga slot yang berarti ponsel ini dapat digunakan dengan dua kartu SIM plus microSD. MicroSD ini sangat menguntungkan karena dapat digunakan untuk ekspansi penyimpanan, berhubung kapasitas yang ditawarkan smartphone hanya 32 GB. 

  • Layar HD

Vivo Y1s memiliki layar 6,22 inch beresolusi 720 x 1520 pixel, dengan panel IPS LCD dan kerapatan layar 269 ppi sehingga cukup menarik dalam menampilkan konten multimedia. 

  • Funtouch OS Berbasis Android 10

Apabila dibandingkan dengan Vivo Y91c, Vivo Y1s memiliki versi UI lebih baik, karena sudah menawarkan Funtouch 10 berbasis Android 10. Funtouch 10 ini memiliki fitur-fitur yang menarik, contohnya adalah fitur efek dinamis yang memberikan animasi layar yang bagus. Tidak hanya itu, Vivo Y1s juga memiliki sensor yang lengkap, diantaranya adalah sensor cahaya dan sensor giroskop. Kedua sensor ini tidak ada di Vivo Y91c. Sehingga dapat diketahui bahwa selain peningkatan UI, sensor di smartphone ini juga lebih lengkap dibandingkan pendahulunya.

  • Baterai

Kapasitas baterai yang dimiliki Vivo Y1s adalah sebesar 4.030 mAh. Vivo membekali manajemen daya pintar yang eksklusif pada baterai. Pihak Vivo mengklaim bahwa pengguna dapat menonton video dan bermain game app tanpa perlu khawatir kehabisan baterai.

Kekurangan Vivo Y1s

  • Hanya Ada Satu Kamera Belakang

Vivo Y1s hanya memiliki satu kamera belakang dengan ukuran 13 MP. Dengan harga Rp1,5 jutaan, Vivo Y1s dinilai kurang menarik apabila tidak ada peningkatan dari Vivo Y91c yang sama-sama memiliki satu kamera belakang. Selain kamera belakang, kamera depan dengan ukuran 5 MP juga cenderung biasa. 

  • Performa yang Kalah Saing dengan Kompetitor di Kelasnya

Vivo Y1s menggunakan chipset Mediatek MT6765 Helio P35. Namun, untuk kebutuhan bermain game app, performanya cenderung biasa karena chipset yang digunakan di ponsel ini lebih mengutamakan hemat daya. Chipset Helio P35 dibangun dengan fabrikasi 12 nm yang umumnya tujuannya untuk efisiensi dan penggunaan aplikasi ringan atau aplikasi sehari-hari. Sehingga apabila smartphone ini dipakai untuk bermain game app yang terlalu berat memang tidak cocok, bisa berjalan namun tidak begitu bagus. Selain itu, Vivo Y1s tidak memiliki sensor sidik jari dan hanya memakai sensor pengenalan wajah atau Face Unlock. 

  • Tidak Fast Charging

Seperti yang diketahui bahwa smartphone yang murah biasanya hanya menawarkan daya tahan baterai yang lama tanpa dibarengi kecepatan pengisian. Salah satunya adalah Vivo Y1s yang tidak mendukung pengisian cepat 18 watt, dimana charger bawaannya sendiri hanya 10 watt. Karena tidak ada fitur fast charging, maka waktu pengisian ponsel ini tergolong lama.

By sartika