October 27, 2020

Internet Positif

Internet Positif

Jika Secangkir Kopi Hitam Masih Kurang, Bolehkah Nambah?

2 min read
Jika Secangkir Kopi Hitam Masih Kurang, Bolehkah Nambah?

Bagi penikmat kopi, terkadang secangkir kopi hitam masih belum cukup untuk memenuhi keinginan mereka mencicipi nikmatnya kopi. Terlebih jika mereka sedang dikejar deadline pekerjaan yang harus segera diselesaikan atau sedang berada dalam kondisi yang tidak stabil.

Nah, pertanyaan yang sering muncul kemudian adalah apakah boleh menambah cangkir lainnya meskipun sudah menikmati kopi secangkir?

Perlu diketahui, mengatur porsi konsumsi kopi harian adalah hal penting. Memang, kopi memiliki manfaat yang cukup bagus untuk tubuh, terutama melancarkan peredaran darah dan menjaga kinerja jantung. Hanya saja, jika Anda terlalu berlebihan dalam mengonsumsi kopi, bukan berarti Anda akan mendapatkan dampak buruknya.

Faktor yang Mempengaruhi Batasan Konsumsi Kopi

Mungkin Anda pernah mendengar bahwa mengonsumsi hingga sekitar 3 cup kopi setiap hari masih aman dan tidak akan memberikan dampak buruk bagi kesehatan. Anda bisa saja mengamini pendapat tersebut. Namun, perlu diketahui bahwa kebutuhan setiap orang bisa berbeda.

Ada beberapa faktor yang cukup berpengaruh pada batasan porsi konsumsi kopi seseorang. Beberapa faktor tersebut diantaranya adalah sebagai berikut:

  • Faktor kesehatan

Tentu, salah satu faktor yang sangat berpengaruh adalah faktor kesehatan. Seseorang dengan kondisi yang sedang tidak sehat, tentu tidak disarankan untuk mengonsumsi kopi terlalu banyak. Bahkan, terkadang mereka tidak diperbolehkan mengonsumsi kopi sama sekali atau kondisi tubuh mereka akan semakin buruk.

Di samping itu, untuk seseorang yang memiliki riwayat penyakit seperti sakit jantung, asam lambung dan lainnya, mereka juga harus membatasi konsumsi kopi bahkan hanya satu cup saja. Hal ini dikarenakan kopi yang terlalu banyak bisa memicu penyakit mereka kumat kembali.

  • Pola tidur

Selain faktor kesehatan, pola tidur menjadi faktor yang juga harus dipertimbangkan untuk menghitung porsi konsumsi kopi maksimal. Tentu, Anda sudah kerap mendengar jika minum kopi akan menghilangkan kantuk dan membuat seseorang susah tidur, bukan?

Nah, jika Anda termasuk seseorang yang sulit tidur bahkan tanpa kopi sekalipun, maka Anda harus membatasi konsumsi kopi. Di dalam kopi terdapat kandungan kafein yang cukup tinggi. Kafein inilah yang akan menghilangkan rasa kantuk.

  • Faktor gen

Meskipun agak jarang, faktor genetik juga memiliki pengaruh yang cukup tinggi terkait dampak konsumsi kopi. Oleh karenanya, Anda harus memperhatikan faktor yang satu ini agar Anda terhindar dari dampak buruk kopi.

Terkait faktor gen, seseorang yang memiliki keturunan hipertensi cenderung harus berhati-hati saat hendak mengonsumsi kopi. Ya, porsi kopi yang berlebihan kalau tidak dipahami bisa memicu peningkatan tekanan darah di dalam tubuh.

Ada kalanya, secangkir kopi hitam setiap hari sudah cukup untuk Anda sehingga manfaatnya bisa didapatkan dengan mudah. Jika Anda ingin menikmati secangkir kopi dengan takaran pas dan rasa yang nikmat tanpa efek samping, produk Nescafe Dolce Gusto bisa menjadi opsi menarik!

Copyright © All rights reserved. | Newsphere by AF themes.