Jenis – Jenis Barang

Jenis – Jenis Barang

Jenis - Jenis Barang

Konsisten dengan apa yang telah dibahas sebelumnya, kelangkaan ini menyebabkan perbedaan kebutuhan (barang). Pada dasarnya klasifikasi barang berbeda-beda menurut bidang studinya. Disini penulis menambahkan beberapa klasifikasi barang yang berhubungan dengan ekonomi (mikro).

 

A. Cara Memperoleh

Berdasarkan cara perolehannya, barang dibedakan menjadi dua jenis, yaitu barang ekonomi dan barang bebas.

1. Barang bebas atau barang bebas adalah barang yang tidak wajib dikorbankan. Oleh karena itu, artikel tersebut tidak memiliki harga. Contoh: langit, sinar matahari, jalan raya, dll.

2. Barang ekonomi adalah kebalikan dari barang bebas, yaitu barang yang memiliki kelangkaan tertentu dan membawa manfaat yang diperlukan pengorbanan tertentu, sehingga barang tersebut dapat memiliki harga. Contoh: beras, air, listrik, dll.

 

B. Ketertarikan Pada Barang

Menurut kepentingannya (pendapatan pembeli) barang-barang dikategorikan sebagai berikut:

Barang inferior adalah barang yang banyak diminati oleh masyarakat berpenghasilan rendah. Jadi, ketika pendapatan meningkat, begitu pula permintaan akan barang inferior. Contoh: singkong

2. Barang kebutuhan pokok, pendapatan tidak akan mengurangi atau meningkatkan permintaan barang kebutuhan pokok. Contoh: sembako

3. Barang normal Suatu benda biasanya disebut barang jika mengalami peningkatan permintaan sebagai akibat dari peningkatan pendapatan. Contoh: televisi atau peralatan rumah tangga.

4. Barang mewah, barang jenis ini dibeli pada saat masyarakat berpenghasilan tinggi atau menengah.
Contoh: sepeda motor, mobil.

 

C. Berdasarkan Kepemilikan Barang

1. Barang privat adalah barang yang diperoleh melalui mekanisme pasar, dimana mekanisme harga merupakan titik temu antara produsen dan konsumen. Akibatnya, kepemilikan properti pribadi biasanya dapat dengan mudah diidentifikasi. Contoh: makanan, kendaraan, pakaian.

2. Barang publik meliputi benda-benda yang disediakan oleh negara untuk masyarakat umum. Misalnya: jalan umum, sungai, termasuk instansi pemerintah, dan sebagainya. Sumber Rangkuman Terlengkap : SarjanaEkonomi.Co.Id