Cara Memasak Soto Ayam Lamongan Yang Sangat Gurih Dan Lezat

 Resep Soto Ayam Lamongan #JagoMasakMinggu11 Sederhana Rumahan dari Ike  Wahyuning Sugiharti

Soto ayam lamongan merupakan makanan khas dari Jawa Timur lebih tepatnya makanan khas dari daerah Lamongan. Soto lamongan ini, identik dengan kuahnya yang sangat gurih dan sangat menyegarkan. Memiliki kuah yang sangat gurih, soto ayam lamongan ini memiliki kuah yang berwarna kuning yang memiliki nikmat terlebih jika dihidangkan dengan nasi hangat dan sambal.

Jika anda biasa menyantap soto ayam lamongan di sebuah rumah makan atau restoran, anda sebenarnya bisa membuatnya sendiri di rumah. dengan menggunakan bahan-bahan makanan banyak dijumpai di pasar tradisional maupun supermarket, Anda bisa mempraktikkan resep dan cara memasak soto ayam lamongan yang sangat gurih dan lezat ini. Berikut salah satu resep dan cara memasak soto ayam lamongan yang tersedia di aplikasi resep masakan yummy.

 

1. Bahan Untuk Membuat Soto Lamongan

·         ayam kampung sebanyak 1 ekor

·         air sebanyak 2,5 liter

·         garam secukupnya

·         kaldu ayam bubuk secukupnya

·         bawang merah sebanyak 13 siung

·         bawang putih sebanyak 13 siung

·         kemiri yang sudah disangrai sebanyak 6 butir

·         kunyit yang sudah disangrai sebanyak satu ruas jari

·         ketumbar bubuk sebanyak 1 sdt

·         lada bubuk sebanyak 1 sdt

·         dikupas sebanyak 2 ruas jari

·         Laos sebanyak 2 ruas jari

·         daun salam sebanyak 4 lembar

·         daun jeruk sebanyak 7 lembar

·         serai yang sudah digeprek sebanyak 2 Batang

·         asam kandis sebanyak 2 buah

·         telur yang sudah direbus

·         daun bawang

·         tomat

·         seledri

·         tauge yang sudah di siram air panas

·         kol yang sudah disiram air panas

·         bihun yang sudah disiram air panas

·         bawang goreng

·         sambal

·         bubuk Koya

 

2. Cara Membuat Soto Lamongan

·        Untuk tahap yang pertama didihkan air terlebih dahulu. Jika air sudah mendidih masukkan ayam dan beberapa bumbu seperti 7 lembar daun jeruk, 4 lembar daun salam, 2 batang serai yang sudah digeprek dan juga 2 buah asam kandis kemudian rebus ayam hingga ayam empuk bersama bumbu bumbu tersebut.

·         Untuk tahap selanjutnya, selagi menunggu ayam direbus hingga matang, Tumislah beberapa bumbu seperti 13 siung bawang merah, 9 siung bawang putih, 6 butir kemiri yang sudah disangrai, kunyit yang sudah disangrai sebanyak satu ruas jari, ketumbar bubuk, lada bubuk, jahe yang sudah dikupas sebanyak 2 ruas jari dan juga Laos sebanyak 2 ruas jari. Tumislah bumbu-bumbu tersebut hingga matang dan mengeluarkan aroma yang sangat wangi.

·        Untuk tahap berikutnya, jika bumbu-bumbu yang sudah ditumis sudah matang, masukkan tumisan ke dalam air rebusan ayam kemudian beri kaldu bubuk dan garam lalu Masak hingga meresap. Jika sudah cukup matang cicipi kuah tersebut, bila ada rasa yang kurang pas tambahin garam dan kaldu bubuk hingga rasanya pas. Matikan kompor jika bumbu sudah meresap pada ayam.

·        Untuk tahap berikutnya, jika ayam sudah matang dan bumbunya meresap, angkat lalu tiriskan ayam tersebut. Jika ayamnya sudah mulai dingin, goreng kemudian suwir-suwir ayam tersebut Lalu tempatkan pada mangkok.

·         Sajikanlah soto ayam lamongan bersama ayam suwir dan juga telur rebus, daun bawang, seledri tomat tauge yang sudah disiram air panas, kol yang sudah disiram air panas, bihun yang sudah disiram air panas dan juga bawang goreng. Jangan lupa tambahkan bubuk Koya agar soto semakin gurih dan juga tambahkan sambal rawit jika kurang pedas dan sesuaikan dengan selera masing-masing.