BAGAIMANA PROSES TRANSAKSI BUMN DI PADI UMKM?

 

Pasar Digital UMKM adalah platform digital yang dilahirkan berkat kerja sama Kementerian BUMN, Kementerian UMKM dan juga Lembaga Kebijakan Pengadaan Barang Jasa Pemerintah. Pasar Digital atau yang lebih dikenal dengan nama PaDi UMKM itu fokus bergerak di bidang pengadaan barang dan jasa BUMN.

Dari namanya sendiri Anda juga pasti bisa menyimpulkan bahwa Pasar Digital akan diisi oleh UMKM-UMKM yang ada di seluruh Indonesia. Memang tugas dari PaDi UMKM adalah mengumpulkan sebanyak-banyaknya UMKM yang ada di seluruh Indonesia, baik yang sudah bekerja sama dengan BUMN sebagai vendor pengadaan barang jasa maupun yang belum.

Sejauh ini kurang lebih sudah ada sekitar 56 ribu UMKM yang telah bergabung dengan Pasar Digital UMKM. Tetapi data ini masih cukup jauh dari data UMKM yang ada di Kementerian UMKM. Data pegiat UMKM yang ada di Kementerian UMKM berjumlah sekitar 64 juta.

PaDi UMKM ini diperkenalkan kepada publik Indonesia pada Hari Ulang Tahun Republik Indonesia yang ke-75 kemarin pada tanggal 17 Agustus 2020. Pasar Digital UMKM ini menjadi salah satu terobosan terbaik bagi UMKM dan ekonomi nasional.

Nantinya, PaDi UMKM akan menjadi jembatan antara BUMN dan UMKM. Pengadaan barang dan jasa BUMN nantinya akan dilakukan di PaDi UMKM. Tentunya hal ini sangat bagus bagi UMKM di seluruh Indoneisa karena bisa memiliki kesempatan untuk menjadi vendor dari BUMN beserta anak perusahaan BUMN itu sendiri.

Bagi perusahaan BUMN yang belum bergabung dengan PaDi UMKM, Anda bisa mengikuti langkah-langkah berikut untuk melakukan registrasi akun di PaDi UMKM. Akun ini nantinya akan berguna bagi transaksi belanja barang dan jasa BUMN Anda di PaDi UMKM.

  1. Nama BUMN
  2. Nama Buyer Group, Contoh: “Divisi SCM”
  3. Alamat Lengkap
  4. Nama Manager & Staff
  5. Email Manager & Staff
  6. NIK Manager & Staff
  7. Posisi/Jabatan Manager & Staff
  8. Nomor Handphone dan Nomor Kantor Manager & Staff

Lalu mungkin Anda juga perlu mengetahui tentang cara melakukan transaksi di PaDi UMKM. Berikut cara-cara atau langkah-langkah yang perlu Anda ikuti:

  1. Pembelian dapat dilakukan oleh BUMN manapun setelah mereka sudah memiliki akun di PaDi UMKM
  2. Setiap BUMN yang akan melakukan transaksi harus memiliki Akun Manager dan Akun Staff di PaDi UMKM B2B. Akun Staff digunakan oleh PIC untuk menemukan barang yang dibutukan di PaDi UMKM. Sedangkan Akun Manager digunakan untuk melakukan penyetujuan atau penolakan terhadap pesanan yang dilakukan oleh Akun Staff.
  3. Jika Akun Manager telah menyetujui orderan yang dilakukan oleh Akun Staff, maka pesanan secara otomatis dilanjutkan kepada penjual yang notabene adalah UMKM. Jika Akun Manager menolak untuk melakukan orderan, maka orderan dibatalkan. Selain itu, Akun Manager juga bisa merevisi orderan yang sudah dilakukan oleh Akun Staff.
  4. Pembayaran di PaDi UMKM bisa dilakukan dengan metode TOP (Term of Payment) atau pembayaran tempo.
  5. Logistik saat ini masih dilakukan melalui JNE dan juga kurir pribadi

Mari tingkatkan belanja barang dan jasa BUMN Anda di PaDi UMKM sekarang juga!