April 15, 2021

Internet Positif

Internet Positif

7 Tips SEO untuk Lembaga Nonprofit

8 min read
Optimasi ranking di Google
  1. Gunakan Kata Kunci Sasaran yang Tepat

Untuk meningkatkan relevansi konten Anda, akan sangat membantu jika menulis dengan kata kunci dalam pikiran atau menggunakan kata kunci untuk menginspirasi subjek karya Anda. Menggunakan kata kunci target akan membantu Anda berkomunikasi dengan Google tentang fokus utama konten Anda dan, pada gilirannya, jenis kueri yang harus diperingkat.

Penting untuk diingat bahwa Anda menulis untuk manusia dan bukan mesin pencari. Saat Anda menulis, perhatikan kata kunci tersebut, tetapi jangan merasa Anda perlu memasukkannya ke dalam konten Anda dengan cara yang tidak wajar.

Untuk mengidentifikasi kata kunci bernilai tinggi lembaga nonprofit Anda, kriteria terpenting adalah kata kunci tersebut relevan dengan organisasi Anda dan calon pendukung. Selain itu, Anda harus memahami volume pencarian (jumlah rata-rata pencarian yang didapat kueri per bulan) dan kesulitan atau persaingan (berapa banyak situs web lain yang bersaing untuk kata kunci yang sama). Berbagai alat pelaporan kata kunci dapat memberi Anda wawasan tentang volume pencarian dan persaingan.

Ada banyak alat kata kunci SEO di luar sana dengan label harga yang bervariasi dan sejumlah besar fitur yang tidak diperlukan oleh pengguna biasa. Banyak industri favorit, seperti SEMRush atau Moz , menawarkan uji coba gratis sehingga Anda dapat merasakan perangkat lunak tersebut sebelum melakukan investasi. Bergantung pada anggaran dan kebutuhan Anda, Anda juga dapat memilih versi gratis dari salah satu platform yang lebih kuat ini.

Alat SEO seperti ini akan membantu Anda menemukan kata kunci target dan volume pencariannya, peringkat situs web Anda saat ini, dan situs mana yang saat ini diberi peringkat untuk kata kunci target Anda. Alat tersebut juga memungkinkan Anda untuk memantau peringkat Anda dari waktu ke waktu untuk memahami kemajuan Anda.

Catatan Tentang Volume Pencarian Kata Kunci

Penting untuk tidak berkecil hati dengan data volume pencarian yang rendah. Lembaga nonprofit ada secara nasional, internasional, dan lokal, dan berdasarkan niche Anda, tidak mungkin alat menangkap setiap kata kunci di setiap lokasi di indeks Google.

Oleh karena itu, alat kata kunci mungkin melaporkan volume penelusuran bulanan rendah hingga nol padahal belum tentu demikian. Azhima SEO merupakan Agency SEO yang menawarkan Jasa SEO Murah Jakarta, terutama jika anda menggunakan Jasa SEO Bulanan.

Penting untuk mengoptimalkan kata kunci yang menjelaskan tujuan lembaga nonprofit Anda (mis. Adopsi pitbull) untuk membuatnya serelevan mungkin bagi penelusur untuk menghasilkan lalu lintas yang paling berkualitas. Fokus pada frasa yang menangkap misi lembaga nonprofit Anda, bukan hanya menargetkan kata kunci dengan volume penelusuran tinggi.

  1. Buat Konten Berkualitas

Ada pepatah lama yang mengatakan bahwa konten adalah raja, dan itu benar. Google ingin mengetahui bahwa Anda memberikan informasi yang mereka cari kepada pengguna dengan cepat. Jangan membuat pengunjung situs Anda menggali navigasi yang rumit atau blok teks yang sangat besar untuk menemukan apa yang mereka cari.

Menciptakan konten yang berkualitas berarti menulis atau memberikan sesuatu yang bernilai bagi pembaca. Tapi itu lebih dari sekedar menulis sesuatu yang mereka cari. Penulis lain juga bisa melakukannya. Anda perlu menyajikan informasi dengan cara yang mudah dicerna dan menarik serta beresonansi dengan pembaca.

Internet telah mempermudah penerbitan dan berbagi konten, tetapi dengan kemudahan itu muncul persaingan dan kejenuhan yang ketat. Tidak pernah lebih penting lagi untuk menghasilkan konten yang berbeda dan terfokus.

Pentingnya Blog Untuk SEO Website Bisnis anda

Buat Konten Berfokus

Untuk memfokuskan konten Anda, Anda perlu memiliki pemahaman yang jelas tentang apa yang diminati oleh audiens target Anda. Daripada membuat sesuatu dan mendorongnya ke pembaca Anda, konten Anda harus mempertimbangkan apa yang didefinisikan pembaca Anda sebagai sesuatu yang berharga dan terinspirasi oleh perspektif mereka. Ikuti cuplikan kecil informasi spesifik yang pasti akan menarik perhatian pembaca Anda.

Saat Anda membuat karya individu, ingatlah bahwa konten berkualitas adalah:

  • Mudah dibaca dan menggunakan bahasa yang sederhana
  • Terorganisir dengan baik dan tetap sesuai topik
  • Berkontribusi pada dialog seputar topik dengan cara yang orisinal
  • Ditulis untuk audiens tertentu
  • Ditulis untuk maksud tertentu

Berikut beberapa peluang konten yang perlu dijelajahi:

Entri Blog: Pertahankan keterlibatan pendukung dengan secara teratur membuat konten blog yang berguna dan relevan. Ini adalah tempat yang tepat untuk berbagi pembaruan dari lembaga nonprofit Anda tentang hal-hal seperti kinerja kampanye, rekap acara, kisah penerima manfaat, kiat untuk penggalangan dana, dan banyak lagi. Gunakan konten ini untuk mengarahkan pengguna ke halaman donasi, acara, dan kampanye Anda. Publikasikan secara teratur untuk memberi sinyal kepada Google bahwa organisasi Anda adalah pakar tepercaya pada topik tersebut.

YouTube: Video tidak hanya menjadi media yang ampuh untuk melibatkan pemirsa, tetapi YouTube juga merupakan mesin telusur terbesar kedua di dunia. Manfaatkan kekuatan itu dengan mengupload video Anda secara teratur dan menggunakan transkrip video dan deskripsi yang dioptimalkan kata kunci untuk menawarkan teks pendukung tambahan ke video Anda di YouTube untuk meningkatkan peringkat. Bagikan video ini ke seluruh situs web Anda dan di saluran sosial Anda untuk meningkatkan keterlibatan dan mengarahkan lalu lintas kembali ke situs Anda.

Visual: Gabungkan visual seperti foto, video, visualisasi data, tangkapan layar, dan infografis ke dalam konten Anda untuk melibatkan pembaca.

Saat membuat konten, perlu diingat bahwa Anda menulis untuk audiens yang mencakup calon donatur dan yang sudah ada, pendukung, sesama lembaga nonprofit, dan masyarakat umum yang tidak mengetahui apa pun tentang lembaga nonprofit Anda. Konten Anda harus informatif dan menarik bagi pendukung setia dan pendatang baru.

Unduh: Panduan Nirlaba untuk Kehadiran Daring yang Kuat

  1. Ikuti Praktik Terbaik Di Halaman

Bantu Google memahami halaman Anda dan situs web secara keseluruhan dengan menggunakan elemen pada halaman. “Di halaman” berarti hal itu terjadi langsung di situs Anda dan memengaruhi cara Google merayapi situs Anda dan setiap halaman. Faktor pada halaman membantu pemahaman Google tentang konten Anda dan jenis kata kunci yang harus diperingkat konten. Faktor-faktor di halaman ini juga dapat memengaruhi cara pengguna, tidak hanya mesin telusur, memahami halaman Anda juga. Kami ingin mengkategorikan elemen di halaman dengan cara berikut:

Tag Judul Tag

judul adalah apa yang muncul sebagai teks biru yang dapat diklik di SERPs dan juga di bagian atas browser internet Anda (gambar di bawah). Tag judul sangat berpengaruh dalam hal sinyal peringkat.

Untuk pengoptimalan yang ideal, penting untuk membuat tag judul yang unik dan relevan untuk setiap halaman yang menyertakan kata kunci target Anda untuk halaman dan merek Anda di bagian akhir. Gunakan kata kunci target Anda sejauh mungkin di sebelah kiri tag judul, sertakan branding di bagian akhir, dan coba pertahankan tag judul dalam 55 hingga 60 karakter agar tidak terputus oleh Google.

Tip Pro

Pikirkan tentang maksud halaman saat menulis tag judul. Apakah Anda berharap orang-orang akan menyumbang atau menjadi sukarelawan? Gunakan istilah tersebut dan ajakan bertindak di tag judul Anda.

Deskripsi Meta Deskripsi

meta adalah teks yang muncul di bawah tag judul (teks biru yang dapat diklik) di SERPs. Meskipun tidak secara langsung memengaruhi peringkat Anda, deskripsi meta yang ditulis dengan baik dapat menghasilkan rasio klik-tayang yang tinggi, yang akan berdampak positif pada peringkat organik Anda, dan sebaliknya.

Setiap laman web Anda harus memiliki deskripsi meta unik yang menyertakan informasi relevan tentang apa yang diharapkan pengguna untuk ditemukan di laman itu dan ajakan bertindak di bagian akhir untuk mendorong pengguna mengeklik.

Judul

Judul dan subjudul konten Anda membantu menyusun tulisan Anda, menyelaraskan harapan pembaca dengan konten Anda, dan berfungsi sebagai isyarat yang berguna untuk mesin telusur. Ketika kata kunci digunakan dalam judul, mesin pencari menyadari bahwa kata kunci itu penting dalam konteks yang lebih besar. Mesin pencari menggunakan informasi ini untuk membantu menentukan apakah halaman relevan dengan permintaan pencarian pengguna.

Jika Anda menulis untuk kata kunci tertentu, sertakan dalam judul untuk menunjukkan bahwa itu adalah subjek utama halaman web Anda. Judul yang disengaja tidak hanya akan mengatur konten Anda secara efektif tetapi juga mengkomunikasikan nilai artikel Anda ke mesin pencari

Cobalah untuk meniru kata kunci target halaman yang unik dalam tajuk dan kemudian gunakan subpos untuk mendukung struktur halaman. Pastikan tajuk ini diberi kode dengan benar — tajuk utama Anda di bagian atas laman harus diberi kode sebagai tag h1 dan subpos pendukung harus berupa tag h2 atau h3.

Teks ALT

Google tidak dapat melihat gambar, jadi jelaskan tentang gambar itu dengan menggunakan teks alternatif yang ringkas dan deskriptif, atau teks ALT. Teks ini muncul kepada pengguna saat mereka tidak dapat melihat gambar atau menggunakan pembaca situs, dan teks tersebut juga memberikan petunjuk kepada mesin telusur tentang apa yang termasuk atau diwakili oleh gambar tersebut. Teks ALT adalah cara terbaik untuk memasukkan kata kunci yang relevan untuk meningkatkan relevansi dan pengoptimalan kata kunci halaman Anda.

Penautan Internal Temukan peluang di seluruh konten Anda untuk menautkan secara internal ke halaman lain untuk membantu pengguna menemukan konten baru di situs Anda dan untuk menunjukkan relevansi dengan Google. Misalnya, jika Anda memiliki rekap postingan blog tentang acara penggalangan dana yang diselenggarakan organisasi Anda, gunakan teks di bagian tersebut untuk menautkan kembali ke halaman ikhtisar acara atau untuk mempromosikan tiket untuk acara tahun depan. Teks yang Anda gunakan untuk menautkan ke halaman disebut teks tautan.

Anchor Text Anchor text mengacu pada kata-kata tertentu yang memiliki hyperlink ke halaman lain, seperti yang dicontohkan oleh teks biru di bawah ini.

Mesin pencari menilai teks tautan untuk memeriksa apakah konten artikel cocok dengan apa yang disarankan tautan tentang halaman tersebut. Informasi ini kemudian digunakan untuk lebih memahami relevansi halaman dengan pencarian pengguna.

  1. Berikan Pengalaman Pengguna yang Terbaik

Berikan pengalaman pengguna terbaik kepada audiens Anda di situs Anda. Google lebih memilih untuk memberi peringkat situs web yang memberikan pengalaman terbaik bagi pencari mereka sehingga mereka tidak frustrasi dan terpental dari situs web Anda atau keluar dari halaman hasil pencarian.

Praktik terbaik untuk pengalaman pengguna mencakup waktu muat cepat dan kecepatan halaman , navigasi intuitif, dan konten yang dapat ditemukan (artinya mudah untuk menemukan konten yang diinginkan di situs web Anda dan pengguna tidak perlu lebih dari tiga klik untuk menemukannya).

Selain itu, dengan penggunaan seluler yang meningkat dan sekarang melampaui penggunaan desktop , Google telah memilih untuk memprioritaskan indeks mereka yang mengutamakan seluler, yang berarti memiliki situs web yang ramah seluler semakin penting.

Google telah mempermudah untuk memahami betapa mobile-friendly halaman Anda dengan menawarkan alat gratis seperti pengujian ramah seluler ini . Konsol penelusuran Google juga membantu pemilik situs web memahami berbagai masalah pengalaman pengguna yang unik yang terkait dengan seluler.

Perhatikan jenis kesalahan ini dan bekerja samalah dengan pengembang web Anda untuk mengatasinya.

  1. Perhatikan SEO Off-Page

SEO di luar halaman atau di luar situs mengacu pada sinyal peringkat yang terjadi di luar situs Anda sendiri. Salah satu faktor peringkat SEO luar situs yang paling penting adalah tautan balik, yang merupakan nama saat situs web lain menautkan ke salah satu laman web Anda. Tautan balik ke situs Anda ini diukur oleh Google berdasarkan relevansinya dengan organisasi Anda dan otoritas mereka di ruang tersebut.

Untuk meningkatkan ranking website, sebaiknya menggunakan Jasa PBN. Ada banyak Agency SEO Indonesia yang menawarkan Layanan PBN ini dengan harga murah.

Tautan balik dapat meningkatkan kredibilitas Anda sebagai sumber karena pada dasarnya mereka dilihat sebagai “suara” otoritas dari situs lain. Ketika lebih banyak situs web terkemuka menautkan kembali ke situs web Anda, halaman Anda akan tampak lebih kredibel di mata mesin pencari.

Salah satu cara untuk mengumpulkan tautan adalah menjangkau publikasi atau situs berita saat Anda mengadakan acara atau meluncurkan kampanye baru. Minta agar dipertimbangkan untuk disertakan dalam artikel atau kalender acara mendatang yang mereka bagikan. Pastikan untuk menyertakan link ke situs web utama Anda atau halaman kampanye Anda untuk membantu pembaca mereka mempelajari lebih lanjut, memberikan donasi, atau membeli tiket.

Salah satu aspek penting dalam menjaga profil backlink yang sehat adalah memantau halaman web Anda sendiri untuk memastikan setiap kali URL diubah atau dihapus, itu dialihkan ke halaman web lain yang relevan untuk mempertahankan backlink yang mengarah ke halaman asli.

Copyright © All rights reserved. | Newsphere by AF themes.