March 5, 2021

Internet Positif

Internet Positif

5 Tanaman Obat Dengan Rasa Pahit.

2 min read
tanaman dengan rasa pahit

Pernahkah kalian berfikir bahwa mengapa beberapa tanaman mempunyai rasa pahit, dan apa penyebabnya? Beberapa rasa pahit pada tanaman dapat disebabkan oleh beberapa kandungan senyawa didalamnya.

Rasa pahit dang getir pada tanaman dapat disebabkan oleh beberapa senyawa tannin, saponin, flavonoid, alkaloid serta qunine yang merupakan bagian dari alkaloid. Walaupun begitu rasa pahit pada tanaman bukan lah hal yang buruk. Pahit pada tanaman bisa menindikasikan bahwa tanaman tersebut mempunyai khasiat dalam mengobati.

Bebeberapa kandungan senyawa tersebut dapat bersifat antioksidan bagi tubuh, antipiretik, antimalaria, analgesik, antiradang serta antiinflamasi. Tentunya hal ini akan sangat berguna dalam melawan serangan berbagai penyakit.

Untuk itu berikut beberapa tanaman yang mempunyai rasa pahit namun mengobati.

1. Brotowali.

Brotowali merupakan tanaman merambat yang sering dimanfaatkan bagian batang dan daunya sebagai obat. Dibalik rasanya yang pahit tanaman satu ini banyak di cari karena kemampuanya dalam mengobati.

Diketahui tanaman satu ini bisa menjadi obat untuk menurunkan demam, mencegah cacingan, mengatasi gangguan pencernan, menurunkan gula darah serta mencegah penyakit malaria.

Beberapa orang mengolahnya dengan cara merebus batang dan daun brotowali, yang kemudian diminum sebagai obat herbal.

2. Biji mahoni.

Ada yang pernah mencoba biji mahoni? Biji mahoni merupakan obat herbal dari pohon mahoni yang diketahui mampu mengatasi masalah pada saluran pencernaan, mengontrol gula darah, mecegah demam dan malaria serta mencegah infeksi parasit.

Walaupun ukuranya terbilang mungil, yaitu hanya selebar kuku, namun biji mahoni mempunyai rasa pahit dan getir yang sangat kuat. Bahkan rasa pahit dan getirnya bisa tahan seharian.

3. Sambiloto.

Tanaman herbal yang mempunyai rasa pahit berikutnya yaitu daun sambiloto. Tanaman satu ini sudah sejak lama digunakan sebagai bahan baku untuk obat tradisional. Kemampuanya yang bisa mengatasi berbagai penyakit membuat tanaman satu ini masih sering di manfaatkan.

Beberapa orang sering mengkonsumsi daun tanaman sambiloto untuk mengatasi masalah pencernaan, menurunkan gula darah dan menstabilkan tekanan darah.

Akan tetapi khasiat tanaman satu ini juga mampu menurunkan panas demam, mencegah infeksi parasit serta mencega penyakit malaria.

4. Biji duku.

Tak banyak yang tahu bahwa biji duku mempunyai khasiat dalam mengobati. Biji duku yang berwarna hijau dengan ukuran kecil memiliki kandungan alkaloid yang berkhasiat mengobati.

Hal inilah yang membuat biji duku terasa getir dan pahit saat tergigit, namun tenang mengkonsumsi biji duku paling tidak 3 butir dapat mencegah infeksi dari luar tubuh, baik itu parasit, bakteri dan lainya.

Disamping itu beberapa orang juga kerap mengunyah biji duku guna untuk mencegah malaria, mengatasi diare dan mencegah cacingan.

5. Kulit kina.

Kina memang memiliki rasa yang pahit, hal ini dikarenakan adanya kandungan quinine, yaitu senyawa alkaloid yang dalam bentuk murninya kristal putih.

Dan karena rasanya yang pahit itulah mengapa kulit kina diburu banyak orang. Adanya kandungan zat kimia pada tanaman kina dianggap ampuh dalam menyembuhkan penyakit malaria dan demam.

Nah itulah beberapa tanaman dengan rasa pahit namun obat yang sangat mujarap.

Sebenarnya masih ada beberapa tanaman lainya yang mempunyai rasa pahit, seperti pare, kayu ular papua dan daun pepaya. Namun keduanya masih kalah jauh dengan beberapa tanaman diatas.

Sumber : healty99.com

Copyright © All rights reserved. | Newsphere by AF themes.