June 17, 2021

Internet Positif

Internet Positif

4 Makanan Sehat Khusus Lansia Yang Bikin Nafsu Makan

2 min read
4 Makanan Sehat Khusus Lansia Yang Bikin Nafsu Makan

Banyak sekali pantangan makanan untuk lansia di usianya. Lansia harus memperhatikan pola makannya dalam keseharian. Tidak semua makanan kini menyehatkan bila dikonsumsi lansia di usianya. Dimana lansia sendiri cenderung sudah menurun fungsi organ dalam tubuhnya karena faktor usia. Hormonal lansia juga sudah tidak sebagus dulu jadi jika akan memproses nutrisi dalam tubuh, kinerjanya kurang maksimal. Sebab itu, konsumsi makanan menyehatkan lebih disarankan.

Cara merawat orang tua yang sudah lanjut usia yang baik adalah memperhatikan pola konsumsinya. Lansia yang mengkonsumsi menu makanan sehat dan bernutrisi tinggi akan lebih sehat dibandingkan lansia yang tidak menjaga pola makannya. Lansia sendiri dianjurkan untuk mengonsumsi menu makanan seperti sayuran, buah dan makanan kaya protein. Ragam menu makanan tersebut mampu menyehatkan lansia dan memperpanjang usia lansia.

Sayuran kaya akan serat yang baik bagi sistem cerna lansia yang cenderung melambat. Sayuran kaya akan serat yang baik bagi sistem cerna. Selain itu, sayuran juga kaya mineral dan vitamin yang mendukung kesehatan tubuh lansia. Buah sendiri disarankan mengonsumsi buah yang memiliki kadar gula rendah dan cenderung masam seperti strawberry, kiwi dan sejenisnya. Kadar gula yang tinggi pada tubuh lansia bisa menyebabkan diabetes karena insulin pada lansia tidak bisa mensekresikan gula dengan baik.

Cara merawat orang tua yang sudah lanjut usia yang direkomendasikan adalah memberikan menu makanan yang lezat namun menyehatkan. Bisa juga cara merawat orang tua yang sudah lanjut usia adalah mengetahui menu kesukaan lansia selama masa tua mereka untuk memberikan menu makanan yang sesuai. Apa saja sih menu makanan yang bisa dikonsumsi lansia dan menarik nafsu makan mereka?

  •         Smoothies bowl

Menu makanan lansia yang direkomendasikan adalah smoothies. Menu makanan ini menggunakan ragam jenis buah untuk semangkuk makanannya. Kalian bisa menggunakan buah naga dengan topping ragam biji – bijian dan buah seperti strawberry dan blueberry. Makanan ini akan nyaman dikonsumsi lansia dan juga menyehatkan sistem pencernaan mereka.

  •         Oatmeal Blueberry atau strawberry

Oatmeal merupakan salah satu jenis makanan yang menyehatkan. Oatmeal sendiri terbentuk dari biji gandum yang memiliki kadar serat tinggi. Anda bisa memberikan semangkuk oatmeal tanpa susu hanya diseduh air saja dengan toping blueberry atau strawberry utuh untuk menu sarapan lansia.

  •         Sup labu

Sup ini mengandung serat tinggi dengan rasa manis yang khas. Rasa masakan ini sendiri sangat gurih dan manis. Lansia akan menyukainya terutama ketika dikonsumsi dalam kondisi panas. Sup ini terbuat dari labu madu, kaldu ayam, wortel, kentang dan seledri yang diolah menjadi satu. Mengonsumsi sup ini sendiri saat cuaca dingin sangat nikmat.

  •         Sup tahu

Tahu merupakan bahan makanan dari olahan kedelai. Tahu sendiri mengandung serat yang baik dan juga ragam nutrisi kacang kedelai yang baik untuk tubuh. Menu makanan ini dikonsumsi bersama dengan kaldu ayam yang memberikan rasa khas makanan dan bercita rasa tinggi. kalian bisa menambahkan seledri dan daun prei untuk menambahkan rasa.

Copyright © All rights reserved. | Newsphere by AF themes.